Minggu, 08 September 2013

Spongecake Ketan Hitam




SPONGECAKE KETAN HITAM


Dari dulu penasaran banget sama tepung ketan hitam ini,tiap ke supermarket aku cari gak ada,akhirnya kepikiran cari di toko bahn kue,dua toko aq singgahi tapi dapatnyn toko yg ke dua..dan harganya lumayan ya trnyta  500gr 13rebu..hihi...jadi sayang banget kl misal bantat kuenya.
siangnya aku langsung nyari2 resep karena aq g punya pengukus yg oke jadi aku gak mau ambil resiko,carilah aq resep cake panggang dan hinggap di blognya @ummu fathimah. aknya ada resep simpel n tanpa bahan tambahan pangan. pas prosesnya ada sedikt kecelakaan,waktu ngaduk minyaknya aku kurang teliti..nah pas nuang adonan ketauan deh minyaknya msh banyak yang mengendap dibawah adonan,jadinya aku tuang lagi ke baskom lalu aku aduk lagi,daaan alhamdulillaaah nerhasil kuenya lembut ank-anak jg suka..huft sempat deg2an pas manggang jadi aku intipin trs dr kaca oven.okelah..resepnya aq modif dikit










bahan :
120gr tepung ketan hitam
4 butir telur ukuran M
100 gr gula pasir
100 ml minyak goreng

cara membuat

1. siapkan baskom besar yg diisi air panas 1/4 bagian,lalu ambil baskom yg lebih kecil,letakkan baskim yg lbh kecil di baskom yg beriisi air panas,lalu masukkan telur dan gula di baskom yg lebih kecil td ( cara ini untuk memudahkan telur mengembang dg bagus n lbh cepat),kocok dengan kecepatan bertahap,petama dg kecepatan rendah jk gula sdh larut naikan kecepatannya bertahap sampai adonan putih dan mengembang 9jangan sampai kaku )

2. masukkan tepung ketan hitam aduk perlahan memutar searah (aku pakai mixer kec rendah) sampai rata,lalu masukkan minyak goreng aduk lagi sampai rata ,hati2 ya hrs benar2 rata biar smua minyak tercampur rata n tidak ada yang mengendap yg menyebabkan kue bantat

3. tuang adonan ke loyang ( aku pakai loyang tulban) yang sdh dioles margarin,lalu panggang dg suhu 160 derajat selama 30 menit


Tidak ada komentar:

Posting Komentar