Sabtu, 02 April 2016

Pentol / Cilok daging Ayam , tetap enak dan lebih ekonomis

Beberapa waktu yang lalu aku pernah posting Pentol atau cilok daging (sapi) . Rasanya yang enak dan kenyalnya pas, bikin ketagihan . Nah Karena pas ke swalayan harga daging giling W.O.W bikin saya mundur deh gak jadi memasukkan ke keranjang belanjaan . Terus kata suami, " gak beli daging ayam giling aja sayang?" emm pikirku , boleh juga , dengan harga yang lebih miring tapi dapat daging yang banyak . Oke lah mari eksperimen bikin pentol daging ayam .

Dan sesuai harapan , alhamdulillah pentolnya jadi dengan rasa yang masyaaAllah enak banget. Apalagi anak-anak , mereka malah minta makan siang pakai pentol aja , gak mau nasi .. Hemm , kayaknya kami bakal libur beli cilok di abang-abang jualan. lagi pula kalo beli kan kita jadi wa-was ,kesuali memang kita kenal orangnya atau setidaknya penjual nya bisa dipercaya ya kalo bahan yang di gunakan dari sesuatu yang halal dan higienis ..hehe ..

Untuk resepnya aku memakai perbandingan yang sama dengan pentol daging sapi kemaren .. tapi jumlah telur yang dipakai tetep sama . Nah kalo bisa bikin pentol / cilok seenak ini, mending gak papa ya bikin yang ada dagingnya aja , biar ada gizi buat anak-anak gak cuma tepung aja . setuju kaaan ? ini jadinya lumayan banyak percaya deh ,

Pentol / Cilok Daging Ayam
bahan :
250gr daging ayam giling halus ( jika menggiling sendiri di rumah , giling dengan sebagian air , sampai benar-benar halus ya )
350gr tapioka
50gr / 5sdm penuh sekali terigu
2 butir telur
air secukupnya , kira-kira 150ml , tuang sedikit-sedikit aja waktu mengadon ya
2 sdt bawang putih bubuk
2sdm garam
1sdt merica bubuk
3 batang seledri ,cincang halus

cara membuat :

1) Masukkan daging dalam baskom, lalu masukkan bumbu , aduk-aduk sampai daging ayam terlihat lembut dan liat ( jika sudah memakai air waktu menghaluskan daging, cukup aduk sampai benar-benar rata), masukkan telur kocok aduk rata , lalu beri sebagian air  ( jika sebagian sudah di buat blender skip langkah ini)

2) Jika adonan sudah terliat lembut , masukkan tepung tapioka dan terigu, aduk sampai adonan seperti adonan bakso , jika masih kering tambahi sisa air , sedikit-sedikit , sampai adonan liat ..

3) Cetak adonan masukkan dalam air mendidih , rebus dengan api sedang ,jika sudah mengapung biarkan beberapa saat , baru angkat dan pindahkan ke dandang yang sudah diisi air

4) Jika semua pentol sudah direbus dan diletakkan di dandnag , kukus selama 20-30 menit ..angkat dan siap disajikan dengan saos kesukaan

untuk saos seperti punyaku bisa dilihat di sini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar