Rabu, 20 April 2016

Gluten FreeBrownies, memakai resep Brownies Sungai

Dulu aku suka buanget sama brownies. Tapi karena suatu hal jadi aku jarang bikin lagi . Sebenarnya sebelum yang ini , aku sudah pernah bikin brownies sungai ini . Sama memakai  Gluten Free Flour . Aku memakai jenis tepung beras campur yang aku dapat komposisinya dari Pak Wied Hery . Menurutku , brownies yang memakai tepung Gluten Free , dari tepung beras campur ini , lebih legit .. da rasanya gak kalah enak kok daripada brownies yang dari terigu . Enak banget . Makanya aku sering bikin brownies memakai Gluten Free Flour




Untuk resepnya aku memakai resep Brownies Sungai Ummu Allegra . Liat kan , seneng banget muncul Shiny Crustnya . Dulu aku kira Shinny Crustnya akan muncul jika gula tetap sesuai resep , alias tidak di kurangi , tapi prasangkaanku salah sodara - sodara .Saat membuat brownies ini , aku mengurangi gulanya lumayan banyak . Resep aslinya untuk 1/2 resep brownies memakai gula 320 gr tapi , ini browniesaku hanya memakai 230gr .. itu rasanya sudah pas , dengan diberi cokelat bubuk yang agak banyakan tambah muantaaap , sayang cokelat bubukku pas-pasan .. ihiks

Terus biar warna cokelatnya agak pekat aku beri sedikit kopi instan , biar aroma nya wangi menggoda .. eaaa hihi .. pokoknya sedap deh , masyaaAllah . Dan saat aku googling resepnya aku dapat tips bagus untuk memunculkan Shiny crustnya , dari blog " Pawon Ayu.' , diantaranya simak ya di bawah ini

1) panaskan oven 190 derajat celcius , jika memakai otang pakai api sedang cenderung besar ya
. Jika memakai ovtrik panaskan dengan api atas bawah

2) Saat adonan sudah siap dipanggang, letakkan loyang adonan di rak atas  ya , panggang 15-20 menit dengan api atas aja , jika memakai otang cukup taroh rak atas saja , dengan suhu 180 derajat celcius , atau api sedang cenderung besar . Sesekali diintip ya , karena browniesku atasnya hampir gosong

3) Jika saat kita lihat sudah mulai muncul Shiny Crustnya , oper loyang di rak bawah atau tengah ya , kecilkan suhu menjadi 160 derajat celcius panggang selama 20menit . Jika pakai otang api kecil ke sedang ya

4) Jika waktunya sudah sesuai , brownies tengahnya masih empuk gak apa bisa langsung diangkat , jika masih cair tambahkan 5-10menit lagi . gak harus sampai set ya karena jika terlalu kering brownies akan keras , Brownies yang masih empuk tadi , jika sudah dingin akan mengeras dengan sendirinya . Jangan khawatir

ini dia penampakan Shiny Crust dari Browniesku




Resep yang sudah aku modif ini ya , sesuai dengan seleraku yang gak terlalu manis

Gluten Free Brownies Sungai
bahan
3butir telur
200gr Glutein Free Flour * ( 140gr tepung beras putih + 40gr tapioka + 20gr maizena )
200gr gula pasir butiran halus
1/2sdt Baking Powder
1/2sdt soda kue
30gr gula palm
115ml minyak kelapa ( bis adiganti minyak goreng )
2sdm cokelat bubuk ( lebih enak lagi 4-5sdm )
1/2 sachet kopi instan ( aku pakai white coffee)
75 gr DCC, cincang lelehkan
Chocochip sesuai selera untuk didalam adonan dan taburan

Cara membuat
1) Panaskn oven dengan suhu 190 derajat celcius , Siapkan loyang 8'inchi  oles margarin lalu alasi kertas kue dan olesi lagi dengan margarin sisihkan

2) Kocok gula dan telur sampai gula larut dan kental sekali ( bisa memakai whisk). Masukkan tepung , cokelat bubuk , baking powder dan soda kue , dengan diayakan ke adonan telur ,lalu chocochip lalu aduk sampai rata . Jangan sampai terlalu kuat mengaduknya dan terlalu lama .

3) Lalu masukkan minyak kelapa / minyak goreng dan sebagian dcc cair lalu aduk dengan menggunakan spatula . sampai rata ya , cek bagian dasar wadah jangan sampai ada minyak yang mengendap

4) Tuang adonan ke dalam loyang lalu beri coretan dcc cair di atasnya , tabur choco chip sesuka hati . Panggang sesuai dengan tips dan trik diatas ya


* Untuk Gluten Free Flour , tepung beras campur yang aku pakai , bisa diliat cara meraciknya di bagian depan blogku ya sebelah kiri



Happy Baking ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar