Rabu, 06 April 2016

Cake Putih Telur , Maknyus , coba-coba ternyata enak , alhamdulillah

 Punya stok putih telur lumayan banyak . Sebenarnya gak banyak - banyak amat sih , cuma emang aku gak pernah nyimpen putih telur di kulkas lama - lama . Karena taangkut rusak , kan sayang ^^.  jadilah ini tadi buka- buka internet , facebook lebih tepatnya , karena  aku pernah liat postingan bu Fatma Bahalwan , cake putih telurnya cantik banget. Dan ketika putih telurnya ku timbang , yaaa kurang , hiks , mikir menyeimbangkan bahan yang lain dengan putih telur yang hanya 250 gr ,sedangkan di resep bu Fatma 350 gr , 

Baiklah dengan bahan yang sama ,aku coba bikin dengan perbandingan yang berbeda . Dan ternyata sodara-sodara hasilnya lembyuuut banget , masyaaAllah .. tapi kurang manis , ini untuk seleraku yang emang kurang suka sama yang makanan manis ya . Berarti gulanya memang harus ditambah . Bisa dilihat ya tekstur cakenya seperti dibawah ini



Nah harusnya aku pakai loyang bulat yang diameter 18cm , biar cake terlihat tinggi . Karena ini tadi adonan aku amati banyak , jadi takutnya ngembang tinggi dan luber gitu . Wealaah ternyata aku ke GR an , cakenya cuma ngembang dikit sodara . ahahah jadilah ini cake rendah banget . Tapi ya lumayan senang karena motif zebranya keliatan banget dan teksturnya juga gak mengecewakan , lembuuut masyaaAllah




Resepnya di bawah ini ya :


Zebra Cake Putih Telur
bahan
250gr putih telur
130gr gula pasir ( tambahin ya , karena cake ku kurang manis , padahal aku gak suka manis , mungkin pasnya 150 gr)
1/2 sdt emulfiser
1sdt air lemon
140 gr margarin , lelehkan
1sdm susu bubuk
100gr terigu + 2sdm terigu
1/2 sdt vanili
pasta cokelat : 2sdm cokelat bubuk + air panas , aduk sampai berbentuk pasta

Cara Membuat
1) Ayak terigu , susu bubuk dan vanili , sisihkan . Panaskan oven dengan suhu 170 derajat celcius , lalu siapkan loyang bulat diameter 18 cm ( aku pakai ukuran 20 cm , jadinya rendah )dan olesi margarin lalu alasi dengan kertas kue olesi margarin lagi .

2) Masukkan putih telur dalam wadah steinles , kocok sampai berbusa lalu masukkan gula dalam 3 tahap , kocok sampai mengmbang kental lalu masukkan air perasan lemon mixer rata

3) Masukkan tepung lalu aduk dengan mixer kecepatan rendah sampai terigu tercampur rata. Lalu tuang margarin cair , aduk balik dengan spatula sampai rata

4) Bagi menjadi 2 bagian , beri satu bagian dengan pasta cokelat , aduk rata.

5) Tuang ke dalam loyang bergantian , dengan cara menuang saling menindih ..

6) panggang dengan suhu 160 derajat celcius selama 40 menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar