Senin, 25 April 2016

Pandan Chocolate Cotton Cake ,masih dalam rangka menghabiskan pasta Pandan Homemade

Kemaren pertama bikin cake ini , dan hasilnya gatot sodra-sodara . Karena emng aku sudah tau sih bakal gatot , karena waktu misahin putih dan kuning telornya  , tu kuning telur pecah dan tercampur sedikit ke putih telur , sudah aku ambilin tapi sepertinya ada yang sudah tercampur , jadi iseng aja aku lanjutkan prosesnya . Pas ngocok putih telurnya nah kan, gak bisa kaku , jadi ngembang tapi tetep cair .. Masih aja aku lanjutin .. wkwkwk .. adonan lembut banget tapi encer banget .. dan ketika masuk oven . mengembang gak mau, kempes pun ragu-ragu dia .. hem dari pada buang listrik , karena listrik mahal ,, ya wes aku keluarkan aja , terus aku buang deh tuh adonan ahhaa

rasanya masih penasaran aja sampe hari ini , akhirnya fix ngeluarkan telur dari kulkas malam hari kemaren . Paginya ragu antara bikin Pao atau cotton cake . Tapi karena masih ada roti yaa bikin cake aja lah . Dan Taraaa .. jadilah ini dia cakeku yang penuh perjuangan , untuk bikinnya aku habis 10 telor sodara .. fyuuuh  .. bukan maiin ..ahahha


Cake ini luembuuut banget , lentur , pori-porinya halus , mirip ogura deh cuma ini teksturnya lebih lentur .. Tapi katanya kalo cake ini dibikin rasa vanila , akan terasa banget aroma amis telurnya , jadi perlu dipertimbangkan ya jika mau bikin yang vanila .. hihi jangan ampe nyesel . Kalo yang rasa pandan ini , enaaaak , wangi ada rasa pait cokelat nya.

Cake ku ini agak kempes dikit karena aku kelupaan harusnya baru matang biarkan sesaat  dulu di dalam oven , tapi ovennya matikan dulu ya . Eeeh tadi aku buru-buru aja ngeluarin , jadilah cake yang mengembang indah menul-menul jadi agak kepes hihi .. tapi rasanya tetep oke , enak dan maknyus ..masyaaAllah


Resepnya ini ya

Pandan Chocolate Cotton Cake
bahan A
5 kuning telur
60gr margarin
75gr susu cair
65gr terigu protein rendah

bahan B
5putih telur
1sdt cuka masak /air jeruk nipis
100gr gula pasir

bahan tambahan
pasta pandan ( aku pake homemade )
cokelat bubuk yang diberi air panas , sedikit / pasta cokelat

Cara Membuat

1) Panaskan oven 180derajat celcius selama 15menit . Lalu siapkan loyang ukuran 22x22x4 cm , alasi dasarnya dengan baking paper , tanpa dioles margarin .. sisihkan

2) Dalam pan , didihkan margarin , matikan api  lalu masukkan terigu , aduk rata , angkat sisihkan

3) Hangatkan susu cair, lalu campurkan ke kuning telur , aduk rata . Lalu tuang ke adonan tepung , aduk ;agi sampai rata

4) Dalam baskom lain, Kocok putih telur dengan cuka sampai berbusa lalu masukkan gula sedikit demi sedikit kocok sampai mengembang soft peak ya , membentuk puncak tumpul jiga pengaduk mixer kita angkat

5) beri 1/3 adonan putih telur ke dalam adonan A , aduk balik sampai rata , lalu masukkan ke dalam adonan putih telur , aduk balik sampai rata , Bagi menjadi 2 bagian dan beri perasa /pewarna

6) tuang adonan ke dalam loyang , lalu panggang 15menit dengan suhu 170 derajat , lalu 15 menit dengan suhu 150 derajat, jangan lupa tes tusuk . Jika cake sudah matang , matikan oven biarkan beberapa saat cake di dalam oven . lalu keluarkan dan balik cake , biarkan sampai hangat , lalu siset bagian samping nya dan keluarkan cake



Happy Baking ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar