Senin, 25 April 2016

Kue Lumpur Kentang , dengan Pasta Pandan Homemade. semakin sedap dan wangii

Kue lumpur ini salah satu kue kesukaan suamikujuga. Tapi aku jarang bikin karena capek berdiri nyetakinnya ..ahahha .. Pokoknya kue yang harus nyetakin sambil berdiri di depan kompor, sambil aduk-aduk terus , adalah kue yang bikin aku males untuk membuatnya . Karena ini tadi ada kegatotan dalam membuat cake , jadilah aku berpindah haluan membuat cemilan anti gatot . Kabetulan kemaen beli Based Mash Potatoes . Kata mbak nya sih ini kentang tumbuk plain ,tapi setelah aku seduh dengan air hangat kok rasanya gurih ya , dan dari penampakannya pun seperti ada butiran bumbunya . Padahal aku waktu itu cari Potatoes Flakes, jadi bentuknya tuh kayak bread crumb , tapi setelah kita seduh dia jadi kentang halus plain , bener-bener kentang tumbuk tanpa tambahan bumbu .


Tapi setelah kue lumpurnya jadi rasanya not bad lah , enak sih ..hihi .. gak ada rasa yang aneh , cuma emang kurang manis . Dan yang istimewa adalah kue ini aku beri pasta pandan homemade . Aromanya wangiii buangeeet , masyaaAllah . Aku lagi suka banget bikin cemilan pake pasta pandan homemadeku ini , karena emang beda dengan pakai pasta beli di toko itu .. ada yang khas . Meskipun warnanya gak seberapa jreng tapi lumayan cantik kan, hujaunya soft .

Untuk resep aku memakai resepnya Bunda Ricke Indriani , Karena kue lumpur beliau emang lembuuut banget , jadi kalo manggang harus bener-bener sampai matang kalo gak bentuknya akan meleot-meleot. Pengalaman pribadi inih ..hihi


untuk resepnya ini ya , harusnya kentangnya 100gr , tapi karena aku nyeduhnya kebanyakan , aku kasih 150gr ..ahaha

Kue Lumpur Kentang Pandan
Source : 'Just My Ordinary Kitchen ' Ricke Indriani

bahan
100gr kentang kukus haluskan , berat ketika sudah dikukus dan dihaluskan
3butir telur
35gr margarin
75gr terigu protein sedang
125gr air
80gr gula pasir
sedikit garam
200ml santan kental
1/2sdt vanili bubuk
3sdm pasta pandan homemade ( bisa pake pasta pandan , hanya takarannya mungkin cukup 2 tetes saja )

Kismis untuk topping

Cara membuat
1) Panaskan air . margarin , garam dan setengah bagian gula, sampai mendidih , lalu kecilkan api, dan masukkan terigu aduk rata sampai kalis seperti membuat kue sus, angkat lalu masukkan vanili bubuk dan sisa gula pasir , aduk rata

2) Masukkan kentang tumbuk aduk rata , lalu biarkan hangat

3) Masukkan telur satu persatu smabil dimixer dengan kecepatan rendah , sampai telur habis , masukkan campuran santan dan pasta pandan , tuang sedikitsedikit sambil diaduk sampai rata /

4) Panaskan cetakan  kue lumpur, olesi dengan margarin , lalu tuang adonan 3/4 tinggi lubang cetakan tutup biarkan sampai setengah matang lalu beri kismis , dan tutup kembali masak sampai matang


wah enak banget buat teman ngeteh ...

Happy baking ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar