Rabu, 20 April 2016

Trancam , Raw Javannase Salad

Trancam ini emang populernya di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Bahan bumbunya sama seperti urap-urap , cuma kalo urap kan kelapa dan bumbunya dikukus dulu atau bisa juga di tumis atau sangrai kalo orang jawa bilang di gongseng . Nah Trancam ini versi simplenya atau versi mentahnya , bahan yang dipakai serba mentah , maka dari itu perlu diperhatikan saat mencuci sayurannya ya .



untuk sayurannya yang biasa dipakai untuk membuat trancam adalah , timun, kacang panjang , toge pendek, kemangi ,bisa juga di beri tempe bakar seperti yang aku bikin ini . Pagi-pagi makan pake ini enak banget , masyaaAllah . cukup pakai tempe dan tahu goreng , atau telur sudah enak . Segar lagi rasanya , karena bahan yang dipakai juga fresh.

Ingat dulu waktu kecil gimana perjuangan ibu , bikin aku suka sama sayur . hehe ampe ibu tiap hari marah-marah , bilang ," Anak perempuan itu harus suka sayur , biar keringetnya gak bau . " terus-terusan bilang gitu , ampe rasanya bosen dan akhirnya sekarang kalo makan gak pakai sayur tuh berasa gak lengkap dan kurang nikmat , Alhamdulillah ibu dulu pantang menyerah meyakinkan diriku ya . kalo gak , ya bakal jadi pemilih makanan , dan anti sayuran  hehe

untuk resepnya gampang banget

Trancam 


Bahan 


Timun , buang bijinya potong kotak
Kacang panjang , potong kecil2
Tempe, bakar sampai kecokelatan 
Daun kemangi secukupnya 
Kelapa muda sedikit tua, bersihkan parut memanjang * jangan lupa semua sayur dicuci dulu sebelum dipotong-potong ya 
Gula dan garam secukupnya 


Bumbu halus


3siung bawang putih 
3buah cabe merah besar
3buah cabe keriting
1sdt terasi goreng / bakar
Sedikit kencur
2lembar daun jeruk, sobek kecil2 



Cara membuat
1)campur bumbu halus dengan kelapa , aduk rata

2) campur sayur dan tempe lalu beri kelapa yang sudah dibumbui , aduk rata siap dihidangkan 




2 komentar:

  1. Belum pernah nyoba trancam ini...seger ya kayaknya...saya juga kecil dulu nggak suka sayur mba..sukanya kangkung ma pakis aja..sekarang alhamdulillah suka sayur..lalap yang pahit juga suka.

    BalasHapus
  2. iya mbak selma , enak .. apalagi buat sarapan sama tempe goreng aja udah mantap.. seger karena kan sayurnta masih fresh semua ,yuuk cobain mbak

    BalasHapus