Sabtu, 02 April 2016

Pukis Khas Bangka , lebih simple , cepat dan tanpa emulfiser , rasa tetap enyaak

Seperti kebanyakan pukis lainnya , bahannya pun mirip . Cuma pukis ini memakai lebih banyak telur untuk takaran tepung yang sedikit . hasilnya empuk banget , enaaaak , ampe gak bisa berhenti makan . hihi .. teksturnya empuk dan lembut , tidak terlalu padat
Nah karena ank-anak pada bosan makan cake, jadi kemaren kepikiran bikinkan kue tradisional yang mereka suka aja. Iyap, shofy yang gak suka kue tradisional sama kue yang namanya pukis dia suka, apalagi waktu masih hangat, terus dipakein topping keju.. wiiih mereka gak bisa berhenti minta ..ahaha
Aku bikin Cuma 2 varian aja , pandan polos sama pandan keju. Kenapa hanya pandan ? karena aku suka banget kue tradisional rasa pandan , wangi gurih gitu . nah aku dapat resepnya dari Google , waktu mendiamkannya juga lebih singkat kalo Pukis ini, dan yang aku suka lainnya pukis ini tanpa emulfiser , sehaaaat dong yang pasti


Pukis Khas Bangka
Bahan
3butir telur
250gr terigu protein tinggi ( aku pakai merk cakra kembar)
130 gr gula pasir (resep aslinya 150gr)
1/2sdt garam
350ml santan ( aku pakai santan instan yang dilarutkan dengan air matang )
1sdt penuh ragi instan
50gr susu kental manis
2 sdt pasta pandan
65gr margarine, lelehkan ( aku pakai 35 gr margarine + 30 gr butter )

 Cara Membuat
1  1)       Kocok telur dan gula sampai mengembang kaku ( terlihat putih)
2  2)       Turunkan kecepatan mixer , masukkan 1/3 bagian tepung kocok pelan sampai rata lalu selingi masukan santan kocok pelan sampai rata, lakukan terus berselang seling tepung dan santan sampai habis .
    3)       Masukkan ragi aduk rata, lalu susu kental manis dan margarine leleh aduk memakai spatula sampai rata . Diamkan 25 menit
4  4)       Panaskan cetakan olesi dengan margarine. Lalu tuang adonan ¾ lubang cetakan , biarkan adoanan sedikit naik ,lalu tutup , buka tutup jika setengah matang beri atasnya topping , tutup lagi masak sampai matang, angkat lalu olesi pukis panas-panas dengan margarine , biar pukis tidak kering 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar