Jumat, 30 Desember 2016

Kokoleh ( Banjar / Kalimantan )

Ngumpulin PR @cooking_bakingclub .. Setelah diurut2 dari atas ke bawaaah tertanyata yang paling gempil ini .. Dulu sudah pernah bikin ,tapi hijaunya pake pasta pandan aja ..kali ini krn ada stok daun pandan beberapa lembar jd bisa dibuat pewarnanya tp tetep aku kasih cuma seteteees aja pasta pandan krn aku gak punya pewarna hijau . Resep masih sama pake punya mbak @hanhanny , aku jatuh cinta loh mbak han sama jajanan banjar yang ini cm kok tetep yg aku bikin gak bs set ahahaha..mngk kurang lama ngaduknya




KOKOLEH
source : @hanhanny

100 gr tepung beras

600 mlair pandan (aku pakai air biasa ,jangan ditiru 😂) 2 sdm air kapur sirih (harus pke klo mau kokolehnya sintal padat tpi ttap lembut)

300 ml santan kental Segar (klo pke santan kara pke 2 bungkus uk.65 ml,encerkan jd 300 ml)

Sedikit pewarna hijau (saya pke karena hijau daun pandan pas dikasih santan warnanya jd hijau pucat,jd sesuai selera ya,ngga merubah wangi dan rasanya kok 😊) --- aku pakai pasta pandan
Sejumput Garam

Kuah Gula Merah :
Bahan
200 gr gula merah (aku campur pakai gula palm yg bubuk itu)
500 mlair

1 lembar daun pandan (aku gak pakai)

SejumputGaram

Cara Membuat
1)Dalam Wadah masukan Tepung beras,garam,airpandan,air kapur,pewarna hijau,aduk mnggunkn wisk biar ngga bergerindil,lalu santan,aduk kmbli sampai trcmpur rata.

2) Pindahkan Kedalam Wajan ( utk memasak kokoleh disarankn pke wajan drpd panci,lbih mudah saat mngaduknya 😀

3)Hidupkn Api,masak dgn api kecil hingga adonan mnjadi kental sprti pasta,lalu mnjadi padat sintal,aduk terus hingga matang,ciri2nya adonan mnjdi licin dan mudah dibolakbalik,saat dibalik pke spatula adonan mnempel tak mudah jatuh,matikan api.

4)Masukan kedalam loyang,padatkan ratakan atasnya dgn spatula,dinginkn baru dipotong2 sesuai selera.

5)Masak semua bahan kuah gulamerah,didihkan matikn api. Dinginkan

6) Sajikan potongan kokoleh dgn kuah gula merah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar