Jumat, 30 Desember 2016

Martabak Tipker

Ini resep sudah aku bookmark sejak lama , tapi baru semangat bikin. Aku bikinnya kayaknya kurang tipis jadi keringnya gak awet . Tapi so far enak sih , abak-anak doyan juga jadi tandanya emang enak . hihi . Aku liat resepnya dari teman di FB mbak Rani Fadhilla , liat potonya kok kayak emang kriuk dan enak banget , bikinnya pun gak pake didiemin , jadi lebih cepet .


Aku copasin resep dan tipsnya dari mbak Rani di sini ya

#Tipsnya supaya tipis :
1. api harus kecil supaya kulit bisa bener-bener kering, mateng luar dalem & warnanya rata.

2. Kedua, teflon diangkat sejenak dari api saat menuangkan adonan. Tujuannya supaya  adonan nggak cepat mengeras di atas teflon karena panas.

3.  adonan cepat-cepat ditipiskan (harus bener2 tipis ya) dengan  cara melingkar (saya pakai spatula silikon yg lentur) & tuang kembali adonan basah yg msh bersisa di di dalam teflon ke wadah adonan. Ribet? iya, dikiiit... :D tp hasilnya Insya Allah oke :)

Martabak TIPKER

Source: Femina Online

#Bahan:
- 200 gr tepung terigu serbaguna (saya pakai merk segitiga)*
- 1/2 sdt baking powder* (saya pakai BPDA)
* ayak
- 25 gr gula pasir
- 325 - 350 ml santan (saya pake susu cair)
- 50 ml air putih
- 2 btr telur ukuran sedang
- 1/4 sdt vanilla powder (tambahan dari saya)
- 1/4 sdt baking soda
- gula pasir secukupnya utk taburan

#CaraMembuat:
1. Panaskan teflon dahulu dgn api kecil.

2. Campur tepung + baking powder + gula pasir, aduk rata. Tuang susu sedikit2 sambil diaduk sampai rata & adonan halus.

3. Kocok lepas sampai rata telur + air putih + vanilla + baking soda. Tuang kedalam adonan tepung, aduk rata perlahan.

4. Tuang +/- 50 ml adonan ke atas teflon, tipiskan. langsung tabur gula pasir (bila suka). Tunggu sampai gula meresap & adonan mulai terlihat kecoklatan. Beri filling sesuai selera (saya pakai DCC diserut + cincangan kacang tanah sangrai). Lipat kulitnya jadi 1/2 lingkaran & teruskan memasak sampai martabak benar2 kering. Angkat, potong2.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar