Kamis, 28 Juli 2016

Gulai Daun Pakis / Paku

Cara ku masak ya gini,kalo bisa laukdan sayur cemplung jadi satu biar cepet gitu . Keburu balita 2 punya ide ,panggil2 umminya mulu. Masak ini jg lari sana sini, " mi kue." Satunya," mi aku mau susu." .. masak 2 menu sayur dan sambel aja sudah capek banget . Nah karena kemaren belanja gak kebagian macam2 lauk jadilah ngolah tahu ini ,jadi salah satu menu utama hari ini,biar bocah suka. Karena bocah2 gak ada yg demen sama tahu .

Resepnya aku liat dari blognya mbak endang JTT ,tapi aku bikin sesuai seleraku yg kuahnya banyak tapi tetep kental ,hanya dengan 3sdm santan instan ,lalu snatannya aku masukkin setelah kuah mendidih dan kompor dimatikan , jadi maeskipun makan pake santan tapi tetep sehat ( dari yang pernah aku denger sih gitu ya ) .

Intinya makan apapun itu gak boleh berlebihan ya . biar apa yang masuk dalam tubuh kita tu berimbang satu sama lainnya


Dulu masih belum nikah , aku gak kenal namanya gulai pakis , atau masakan pakis lainnya . Karena ibuku gak suka pakis , bapakku juga . makanya beliau gak pernah masakain pakis . Dan saat menikah , aku kenal sayuran ini , ternyata enak , dulu sih mertua masaknya ditumis aja . Dan ketika aku ceritakalo makan pakis , ibu kaget karena aku suka . xixixi ..resepnya ini ya

Gulai Tahu Daun Pakis

Source : Just Try and Taste (JTT)

Bahan :

3ikat daun pakis,potong,dan ambil bagian yg muda saja
6buah tahu ,potong sesuai selera
3sdm santan kental
1batang serai ,geprek
Daun jeruk buang tulang daunnya
2 lembar daun salam
Daging ayam yg masih ada tulangnya potong kecil2
1/2 sdt bumbu gulai bubuk(optional)
Minyak goreng untuk menumis
Air secukupnya
Gula merah secukupnya
Garam secukupnya
Air asam jawa 2sdm

Bumbu halus :

8butir bawang merah
4siung bawang putih
3buah cabe merah besar
5buah cabe keriting
1/2sdt jintan halus
1sdt ketumbar sangrai /aku pakai 1/2 sdt ketumbar halus
4butir kemiri
1/2 ruas jari kunyit
1/2 ruas jari jahe

Cara membuat

1) panaskan minyak di wajan ,tumis bumbu halus ,masukkan serai,daun jeruk,dan daun salam tumis sampai wangi ,masukkan daging ayam tumis sampai berubah warna ,masukkan daun pakis aduk2 sampai daun layu ,masukkan air . Masak sampai sayur empuk
2) masukkan tahu aduk rata,beri gula dan garam aduk rata dan cicipin ,jika sudah pas beri air asam .. biarkan mendidih agak lama .. matikan api ,masukkan santan instan ,aduk rata ..siap disajikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar