Selasa, 15 November 2016

Donat Kentang NCC , Resep Anti Gagal

Entry ke 2 untuk event NCC resep anti gagal
Awal bikin donat ini sampai sekarang selalu jatuh hati sama teksturnya .. Dan selalu dapat white ring nya .. Meskipun ada juga yang gak muncul. Pokoknya ini salah satu donat kentang yang teksturnya ringan ,gak padet ..



Aku juga pernah nyoba mengganti kentang dengan labu kuning ,iiih rasa dan teksturnya tetep mantap,masyaaAllah . Dan karena diberanda FB seliweran orang bikin donat . Jadi pengen deh hihi .. Sudah dr beberapa hari anak2 dan suami minta bikinkan donat . Tapi baru hari ini dieksekusi ,dan jadi inget event NCC Resep Anti Gagal. Sekalian buat setoran ke 2 ..

Tips untuk membuat donat ini dari yang aku amati:
1) pastikan kentang tidak terlalu panas ,jika terlalu panas dan dicampur bersama adonan yang sudah ada raginya,ragi akan mati

2) dan yang perlu diperhatikan lagi adalah cairan ,bisa air atau susu .. Tuang sedikit2 saja jangan langsung dimasukkan . Karena takut ntar terlalu lembek . Karena kelembaban tepung dan kentang berbeda ya

3) untuk menggoreng biar permukaan cantik .. Saat baru dimasukkan biarkan donat mengembang (tidak perlu sampai kecokelatan) lalu balik .. Biarkan sampai satu sisinya keemasan baru balik lagi . Ini biar donat mengembang bagus saat di goreng gak meleot2

4) Dan satu lagi jika ada masukkan 1sdm mentega shortener kedalam minyak yang dibuat menggoreng donat biar donat wangi



Donat Kentang
Source : Donat Kentang NCC
Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instan
200 gr kentang kukus ---> haluskan dan dinginkan
80 gr gula pasir
75 gr mentega
1/4 sdt garam
4 kuning telur
susu cair dingin secukupnya
Cara Membuat :
- Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula halus dan ragi. Aduk hingga rata.
- Tambahkan kentang halus, masukkan kuning telur dan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan setengah kalis.
- Tambahkan garam dan mentega, terus uleni hingga kalis dan elastis. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit, tutupi dengan serbet lembab agar adonan tidak kering.
- Kempiskan adonan, bagi dan bentuk bulat (aku bagi menjadi berat 50 gr dan dicetak menggunakan cetakan donat). Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit.
- Goreng donat dengan api sedang cenderung kecil hingga kecoklatan.
- Angkat dan tiriskan. Setelah dingin bisa diberi topping sesuai selera

versi topping dcc bertabur meises 



versi bulat dengan filling dan dusting gula halus 

Semuanya masyaaAllah enak , sampai hari ke 2 [un masih empuuuuuk 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar