Senin, 31 Oktober 2016

Cilok Kaldu Udang

Bikin cilok euy untuk setoran @cooking_bakingclub pas weekend kmrn ada acara jadi nelat ngumpulinnya . karena  tumbang setelah jalan sehat berkilo-kilo ..wkwkwk biasa jalan dari kamar ke dapur doang soalnya hihi . Olah raga pun biasa di rumah aja , jadi pas jalan jauh langsung badannya protes . Tapi alhamdulilllah , setelah dipake istirahat , langsung seger , biidznillah

Nah cilok ini aku bikin dr tepung ketan dan tepung sagu loh . Pernah nyobain gak? Enaaak deh ,aku selalu kalo bikin cilok campurannya pk tepung ketan bukan terigu. Karena teksturnya lebih kenyal dan lembut . Lalu airnya aku pakai kaldu udang homemade



Cilok
Bahan
100gr tepung ketan
100gr tepung sagu/tapioka
1/2 sdt garam
2sdt bawang putih bubuk
1sdt merica bubuk
Kaldu udang hangat secukupnya
3batabg seledri ambil daunnya saja ,cincang halus
Penyedap (jika suka sih,kl aku jarang pake)
Air untuk merebus

Cara membuat

1)Campur tepung dan bumbu aduk rata .. Tuangi air kaldu sedikit2 sambil diaduk sampai adonan kalis ,tambahkan daun seledri cincang

2)didihkan air dalam panci lalu bentuk bulat2 adonan cilok ..masak cilok sampai mengapung ..

3)cilok siap disajikan bersama smbal kacang



4 komentar:

  1. Wah..asik banget ini mbak resepnya.. Jadi cilok Gluten free deh.. Hihi. Ide resepnya anti mainstreem.. Haha. Nyobain aah..
    Btw, salam kenal ya mba.. Aku baru nemuin blog mba beberapa hari yang lalu waktu nyari resep tentang nangka, kayaknya resepnya asik2.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mbak Aiie salam kenal sebelumnya .. iya mbak ini suka saya buat selingan cemilan anak-anak yang keseringan dari terigu . Makasi ya mbak sudah mampir dan menyapa ^^

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Hai mba..jumpa lagi.. Saya udah nyobain cilok ini tempo hari.. Tapi pakainya air kaldu sapi..hehe. Sama bumbunya ditambah ebi yg dihalusin, enak lembut mba, tp kalau saya pribadi lebih suka kalau bumbunya direbus dulu mba..jd matang,rasanya lebih enak, hehe. Krn saya biasanya kalau bikin cilok bumbu ikut direbus sama air, Tp yg kmrn ini gak direbus pengen sesuai resep..he.
    Trus pas keesokan harinya kan masih mba, aku coba goreng, eh aromanya jadi mirip gemblong/jadah goreng..hihihi. Tapi enak, gak alot.. Thanks ya mba.. :)

    BalasHapus