Senin, 31 Oktober 2016

Wingko Lamongan

Dari beberapa hari kemaren booming banget yang bikin wingko . Karena itulah yg mngalahkan rasa malesku berdiri bermenit2 nyetakin ini wingko. Soalnya ngiler 😄😄. Dari resep yang beberapa hari lewat ,berbeda dengan wingko lamongan ini. Wingko ini adonannya sedikit encer ,dan perbandingan kelapa dengan tepungnya hampir 1:1 jadi rasanya lebih enak,legit . Apalagi kalo hangat ,kulit luarnya crispy dalamnya lembuuut banget ,wangiiii kelapa.. Dulu ayah mertua kl dikasih oleh2 wingko lamongan ini ,bukan beli tapi saudara ibu yg asli lamongan yg bikin ayah mertua suka banget dan bilang," wingkonya enak nduk, bikin sendiri ta saudara ibu." Iyap karena bikin sndr dan beli ditoko rasanya beda rata2 agak padat .

Wingko ini juga mudah dicetak , gak lengket . Hasilnya meskipun dah nginep tetep enyak dan lembut . Lalu untuk kelapanya aku sangrai , biar gak cepat basi . Dan wingko akan semakin gurih dan harum .

Wingko Lamongan

Bahan
200gr kelapa setengah tua parut ,lalu sangrai dengan daun pandan 5menit saja ,biar wingko tidak cepat bau
210gr tepung ketan
200ml santan hangat
150gr gula pasir
1/2 sdt garam
1 butir telur
2sdm susu bubuk
Minyak goreng untuk mengoles cetakan
Daun pandan potong2
Wijen sangrai

Cara membuat

1)campur semua bahan aduk rata lalu tuangi santan hangat aduk lagi sampai rata

2)panaskan cetakan kue lumpur ,olesi minyak agak banyak lalu beri potongan daun pandan ,tuangi adonan sampai hampir penuh .. Masak dengan api sedng cenderung kecil sampai bagian bawahnya kecokelan beri wijen sangrai atasnya ..balik wingko masak smpai sisi satunya kecokelatan ..

3) siap dihindangkan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar