Sabtu, 12 Maret 2016

Pecel Terong, Menu sederhana yang selalu ngangenin

Menu ini aku tau karena ibuku dulu sering bikin masakan ini buat kami. Eh pas awal-awal nikah , aku masakin ini suamiku alhamdulillah doyan . Nah biasa dulu ibuku masak terongnya dengan cara dikukus , tapi hari ini pengen coba terongnya dibakar ternyata enak juga , masyaaAllah .

Waktu ngomongin menu ini,suami,bilang,"wah iya lama gak masak itu sampeyan." Hihi em an g menu ini dulu suka aku bikin pas masih manten anyar,sejak punya anak, karena masak sempatnya 1 menu doang dan tenaga terbatas,jadi menu ini sedikit terlupakan. Nah kemaren, liat postingan mbak@pendhina ,waaah ngiler rasanya.. ini resep ala aku yang sudah aq modif ya 







Pecel Terong
Bahan 
4 buah terong 
1/2 papan tempe yang panjang,kukus 
200ml santan pekat , dari 1/2 butir kelapa diberi air panas 300ml .. rendam kelapa parut dengan air panas diamkan sampai hangat lalu peras

Bumbu halus
2 siung bawang putih
3 cabe rawit, atau sesuai selera
4 buah cabe besar
2 buah kemiri sangrai 
2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya 
1sdt terasi goreng atau panggang
Gula dan garam sesuai selera
Penyedap bila suka

Cara membuat 
1) panggang terong diatas kompor sampai kulitnya hitam dan empuk,kupas bersih
2) haluskan bumbu (tadi aku blender saja ), masukkan dalam wadah tuangi santan hangat 
3) dalam cobek penyet tempe kukus, lalu diatasnya penyet terong panggangnya siram dengan santan yang sudah di beri bumbu tadi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar