Selasa, 22 Maret 2016

Vanilla Sponge Cupcakes

Pada umumnya cupcake memakai adonan buttercake ,tapi karena diriku lagi agak2 jauhan sama yang berlemak2 jadi aku bikin cupcake dari adonan jenis spongecake. Cakenya menul2 berongga kayak kapas dalamnya aku isi selai blueberry lalu untuk frostingnya aku gak pake butter cream tapi whip cream . Makanya nih motonya cepet2an takut leleh ..ahaha kalo butter cream kan beraaat gt rasanya ,terutama beraaat buat badan ahaha ..kalo pake whip cream heeem.. creamy lembut dan ringan waktu cupcakes kita gigit .. tapi tetep aja berat dibadan juga kalo banyak2. Cuma 1 intinya jangan banyak2 makannya ..ahahhaa


Dari tadi pagi galau ,mau bikin apaan akhirnya terpilihlah cupcake ini. Ngasal aja , resep spongecakenya juga sepertinya resep dasar ya . Cuma Lain-lainnya bisa divariasi sendiri sesuai selera 



Vanilla Sponge Cupcakes 
Bahan 
1cup terigu protein rendah ( boleh pakai yang protein sedang)
75gr gula pasir ( aslinya 100gr karena cupcakesku aku kasih filling selai jd aku kurangi gulanya )
3 butir telur
40gr susu cair
30gr minyak sayur atau olive oil juga bisa 
1/2 sdt vanilla ekstrak 
Filling : selai buah apa saja ( aku pakai selai blueberry)

Cara membuat 
1) panaskan oven 170 derajat celcius ,siapkan cetakan cupcakes alasi dengan papercup ,sisihkan 
2)kocok telur dan gula memakai mixer sampai kental berjejak ,ayakan tepung ke dalam adonan lalu aduk balik sampai rata ,masukkan campuran minyak dan susu aduk balik sampai rata lagi 
3) masukkan adonan ke dalam cetakan sampai 3/4 penuh panggang 15 menit atau sampai matang 
4) bikin lubang di tengah cupcake dengan spuit panjang lalu isi dengan selai ,dan hias dengan whip cream

Frosting 
100 gr bubuk whipping cream +200ml air es kocok sampai kaku lalu beri dark cooking chocolate yang di lelehkn terlebih dahulu . Tekstur frosting ini ada gerindil2 halus dari cokelat lelehnya kayak makan es krim yang ada butiran cokelatnya 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar