Kamis, 31 Maret 2016

Donat Labu Kuning , lembut menul-menul

  Kemaren memanfaatin stok pure labu kuning di frezer . Karena anak2 lagi bosen sama cake jadilah bikin donat aja. Hemm..seperti biasa ekspresi anak-anak , pada seneng banget kalo dibikinin donat. Karena aku emang jarang bikin, prosesny itu lh menyita waktu ,secara aq ini pengangguran banyak acara ahahhaa . Nah dari waktu proses proafing yang namanya aisyah tuh gak sabaran ,masak adonan mentah dia sudah ngeringik2 minta onat , " ummi aku mau onat." Pas dibilang itu belum dimasak , ngerti dia, pergilah main lagi. Pas waktu oreng datang lagi , ambil kursi megang2 donat yang sudah digoreng ," au miii onatnya anas mi. " ktanya donatnya panas. Kaan bocah bayi ini emang kalo dibilangin susah percaya ,nunggu dia tau sendiri baru deh. Ngacir lah dia main lagi , agak lama datang lagi . Megang2 donat lagi," mi onatnya udah embuh ." Aku kan ngernyitin dahi , apaan tuh embuh. Pas malam cerita ke abahnya . Baru ngeh aku, dia bilang ," ontnya udah embuh." Ternyata sodara2 , maksudnya donatnya sudah smbuh dari panas hhahahahha. Kan biasanya dia kalo demam suka aq periksa pegang dahinya nah dia mengibaratkan donat nih lagi demam , pas di pegang sdh gak panas lagi, dia bilng donatnya udah sembuh ahahhaha.. masyaaAllah barakallahu fiyk anak ginukku :*
Untuk resep aku pakai resep donat kentang ncc , cuma aku ganti kentangnya dengan lbu, lalu aku kurangi gula nya karena labu kan lebih manis alami dari kentang ,dan hati2 sama cairannya ya ,nuangnya dikit2 aja 

Untuk perbandingan teksture dengan donat kentang, aku pribadi lebuh suka donat labu karena teksturnya yang lebih ringan . Satu resep donat labu ini jadi 25 buah donat ukuran jumbo. Niatnya kemaren di bentuk kecil-kecil , biar nanti pas ngembang jadinya sedang . Eh ternyata pas dicemplungin ke minyak jadinya jumbo malah ..ahaha



Dan satu lagi , minyak yang buat goring donat ini aku campur dengan 1sendok makan mentega shortener. Darimana aku tau? Dari Facebook , hihi ada postingan mbak dame Tobing ,nah aku cobalah itu, pas kebetuln ingat . Menurut aku donatnya jadi berwarna cantik, terus gak seberapa banyak menyerap minyak . Ntah apa perasaanku aja atau emang ini tujuannya ,hihi

Donat Labu Kuning
Source : Donat Kentang NCC

Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instan
200 gr labu kuning kukus ---> haluskan dan dinginkan
80 gr gula pasir
75 gr mentega
1/4 sdt garam
4 kuning telur (aq pake 3kuning telur)
susu cair  dingin secukupnya

Cara Membuat :
- Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula halus dan ragi. Aduk hingga rata.
- Tambahkan labu kuning halus, masukkan kuning telur dan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan setengah kalis.
- Tambahkan garam dan mentega, terus uleni hingga kalis dan elastis. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit, tutupi dengan serbet lembab agar adonan tidak kering.
- Kempiskan adonan, bagi dan bentuk bulat (aku bagi menjadi berat 50 gr dan dicetak menggunakan cetakan donat). Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit.
- Goreng donat dengan api sedang cenderung kecil hingga kecoklatan.
- Angkat dan tiriskan. Setelah dingin bisa diberi topping sesuai selera




Tidak ada komentar:

Posting Komentar