Minggu, 27 Maret 2016

Onde-onde Ceplus aka Keciput

kalo di daerahku Sidoarjo, onde-omde yang gak ada isinya dan digoreng kering itu namanya Keciput. Nah ini termasuk cemilan kesukaan ibuku..hehehe. Kalo di Sidoarjo keciput ada yang gurih ada yang manis . Yang aku buat ini versi manis .,tapi gak seberapa manis jadi kalo ngemil ini bikin nambah-nambah aja . ahhaha ..dasarnya emang suka ngemil .

untuk menggorengnya onde-onde ini awal dimasukkan diminyak dingin atau sedang yang belum panas . nyalakan api sedang sampai mengmbang ,lalu kecilkan api goreng sampai benar-benar kecokelatan tapi jangan terlalu cokelat cenderung gosyong ya ..ahahh ..kudu ati-ati , kalo kurang cokelat nanti onde-ondenya kurang renyah . nah untuk resepnya ku pakai punya anggota NCC . Cuma karena katanya kalo bikin seresep lama banget selesainya ,jadi aku bikin 1/2 resep aja . alhamdulillah jadi lumayan banyak , 1 toples besar .



Onde-onde Ceplis
Yasaboga - Camilan Indonesia

Bahan
250 gr tepung ketan
50 gr tepung sagu
125 ml air
1 sdt garam
75 gr gula pasir
1 1/2 sdt butir telur
75 gr wijen putih

Cara Membuat
1. Campur semua bahan kecuali wijen, uleni hingga bisa dipulung.
2. Bentuk bulat-bulat kecil, gulingkan ke wijen.
3. Goreng dalam minyak panas api sedang

Tips:
- adonan akan mengembang, yang membuat onde ini menjadi renyah, oleh karena itu bikin bulatan kecil-kecil saja agar tidak lama waktu menggoreng, dan bisa tetap renyah.
- sebenarnya cara membuat yang tertera adalah dibulatkan semua baru digulingkan ke wijen. tapi hal ini membuat adonan cepat kering, sehingga wijen tidak menempel baik. Makanya aku pakai cara sendiri.
- tapi kalau mau dibulat-bulatkan semua dulu baru digulingkan ke wijen, bisa kok, saat mau digulingkan ke wijen, percikin sedikit air, agar bola-bola menjadi sedikit lembab, baru digulingkan ke wijen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar