Minggu, 27 Maret 2016

Pelecing Kangkung Khas Lombok


Masakan ini sekalian aku buat untuk setoran di YKMK instagram. temanya olahan sayur. nah biar ada yang khas gitu jadi aku bikin plecing aja . awalnya dulu kalau bikin plecing pake bawang putih tapi kok aroma sambalnya jadi tajem banget, terutama aroma bawang putihnya . jadi aku kurang suka. Nah pas suatu hari beli makanan di warung plecing deket rumah , aku perhatiin tuh ibu yang buat , lagi marut tomat . \wah idenya bagus juga ya , biar kita gak susah-sudah amat ngulek tomatnya . Kan kadang emang bagian daging dan kulitnya kan susah diulek ya sampe halus , dan juga gak semua orang suka sambal yang diulek kasar. Jadilah aku ngikutin caranya , hihi soalnya aku termasuk salah satu orang itu. Yang gak suka bumbu atau sambel yang diulek kasar 


Plecing kangkung Ini makanan khas dari Lombok . Kemaren kan setor makanan sayuran dari cina sekarang kuliner nusantara aja . Plecing kangkung ini tak hanya bisa dijumpai di Lombok saja sebagai pulau asalnya tapi juga terkenal di Pulau Sumbawa,karena saya juga sempat tinggal disana sekitar 2th lebih. Nah plecing ini salah satu kulener Lombok yang cocok di lidah saya. Untuk kangkungnya biar tetap terliat hijau saya memasaknya dengan teknik blansir ,ini membuat kangkung tetap terliat hijau segar dan teksturnya renyah kres kres . Dan untuk pemotongan sayurnya plecing ini unik,kangkung dibiarkan panjang2 saat merebusnya ,nah nanti saat akan disajikan kangkung baru di suwir jadi 3 bagian ,bukan dipotong seperti mengolah kangkung pada umumnya




Plecing Kangkung
Bahan : 1 ikat kangkung,buang hanya bagian bawahnya gak usah dipotong kecil-kecil ya
2 genggam touge 
Air matang + es batu ( untuk teknik blansir)
Tahu goreng 
Air yang banyak untuk merebus sayur 
Bumbu 
Cabe kecil sesuai selera
2 buah tomat matang,parut memakai parutan kelapa ,biar sambalnya halus 
1/2 sdt terasi goreng /panggang
Sedikit garam dan gula merah 
Jeruk limau 
Cara Membuat
1) didihkan air rebus touge sebentar saja ,angkat tiriskan
2) Lalu rebus kangkung sampai empuk nah setelah empuk langsung rendam air di air matang yang telah dicampir es batu,biarkan sampai dingin lalu tiriskan 
3) haluskan cabe kecil ,gula dan garam lalu beri terasi haluskan,masukan tomat parut,ulek rata 
4) potong-potong tahu dalam piring,ambil touge dan kangkung lalu beri sambal beri perasan jeruk limau ,sajikan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar