Jumat, 24 Juni 2016

Apam Nasi

Pas lagi mati listrik ,niat hati gak usah bikin cemilan lah untuk berbuka nanti,toh ada banyak cemilan ringan beli jadi . Eh tetiba si sulung bilang," ummi gak bikin kue untuk buka kita nanti,bikinlah mi kuenya direbus aja ,jadi gak pake oven kan mati listrik." Aku jawab aja ," gak usah deh ya ,ummi lagi males nih lagian sudah dibeliin abah kue banyak ( soalnya kebetulan umminya lagi kurang enak badan ." Ya ,aku maunya kue bikinan ummi juga untuk buka nanti,jawab si sulung dan adeknya.. Oke2 ,setelah buka2 arsip resep karena mau mudik bahan2 baking menipis kayak telur ,tinggal sebiji doang. Jadi bikin yang gak usah pake telur aja deh .

Terpilihlah Apam Nasi ini ,lah pas sdh disiapkan bahannya ,ya Allah lupa kalo mati listrik ,kan nasinya dialusin pake blender,blender kan kudu dicolokin kelistrik . Akhirnya tu nasi aku uleg sambil disaring kayak bikin bubur saring bayi,sesekali aku kasih air biar gampang lumatnya. Kata bakr si sulung," ih mii aku gak mau lah disuruh makan nasi campur air itu ,kalo sdh jadi kue baru aku mau ." Lagian sapa juga le yang suruh maem nasi ini ..ahaha .. Mau bikin kue aja perjuangannya sesuatuh banget ..hihi . Ini apam nya aku kasih  warna warni yang menarik jadi saat matang belum waktu berbuka pun mereka sudah berebut mau makan yang warna apa. Padahal semua rasanya sama xixi . Biar mereka semakin cinta dan suka makanan tradisional Indonesia ,jadi sering-sering dibikinkan dan diolah menjadi menarik tapi asal tetap aman mereka komsumsi



Apam Nasi

Source : Ita ' Masam Manis '

Bahan :

1,5cup tepung beras putih

1/2 cup terigu

1cup nasi

1,5cup air

1cup gula ( aku kurangi sedikit jd 3/4 aja )

1/2 bungkus fermipan

Pasta makanan secukupnya

Cara membuat

1) panaskan dandang .dan alasi tutupnya dengan serbet . OLesi cetakan dengan minyak

2) campur semua bahan KECUALI AIR DAN NASI . aduk rata ,sisihkan

3) blender air dan nasi sampai halus sekali ,lalu masukan ke dalam campuran bahan tadi,aduk rata ,lalu diamkan 1jam

4) tuang ke cetakan 3/4 penuh lalu kukus 15menit

Apam siap disajikan dengan kelapa ataupun tidak tetap sedap


Tidak ada komentar:

Posting Komentar