Minggu, 05 Juni 2016

Membuat Bumbu Dasar , biar masak lebih praktis





Sebenarnya baru kali ii sih nyoba nyetok bumbu dasar ini . Sebelumnya mah males , karena aku belum tau kalo ada yang jual bawang kupas . Dan kemaren pas belanja langsung kepikiran nanya apa ada bawang kupas, dan alhamdulillah ada , yeeeey .. Soalnya aku paling gak suka ngupas bawang , terus cabe .. pokoknya acara yang gak aku suka dari memasak adalah kupas mengupas ..ahaha .

Nah aku coba googling nih , beberapa resep bumbu // Adad yang masaknya dikasih air dulu , waduh bakal lama nungguinnya secara ini kan 3 jenis , bisa 3x kerja hitungan jam . Sedangkan aku yang hanya bikin versi simple gini aja , beeeh kaki langsung memar biru, karena capek berdiri-duduk berdiri-duduk .. berkali-kali .. Perjuangan biar mingu-minggu ke depan masaknya santai , susah di depan ,santai belakangan okelah , sepertinya terbayar


Bumbu Dasar Putih 


Nah untuk yang pertama kita bahan Bumbu Dasar Putih , bumbu dasar putih ini aku bikin lain dari resep yang beredar . Jika dikebanyakan resep memakai ketubar , aku gak pakai ketumbar tapi memakai merica . Kenapa ? Karena jika pakai ketumbar , bumbu dasar putih biasa dipakai untuk masak opor ,lodeh dan empal .. nah aku gak suka masakan-masakan tersebut , bukan gak mau ya tapi gak suka dan aku gak pernah masak menu tersebut , jadi aku bikin bumbu dasar putih versiku sendiri , untuk apa aja bumbu dasar ini ,

Bumbu Dasar Putih 

Kegunaan :
Mie goreng , Mie rebus ,Sop, Nasi goreng , Bumbu untuk gorengan , atau bisa juga sesuai resep ibu-ibu yang lain juga

Bumbu Dasar Putih
Bahan
30 butir bawang merah
10 siung bawang putih
10 butir kemiri sangrai ( aku pakai kemiri bubuk Koepoe2, yang sudah di sangrai dari sononya 4sdm )
2sdm merica butiran ( nanti jika waktu memasak mericanya kurang berasa bisa ditambah merica bubuk saja ya )

minyak goreng untuk menumis


Cara membuat :

1)Haluskan semua bumbu , masukkan bumbu halus ke dalam teflon , beri miyak goreng agak banyak , masak sampai bumbu harum dan matang , sambil diaduk beberapa kali , angkat dan dinginkan

2) masukkan dalam boto; kaca , sebaiknya botol kaca disterilkan dulu ya lalu ditiriskan sampai kering baru dipakai untuk menyimpan . Taroh kulkas



Bumbu Dasar Kuning 

Nah kalo bumbu dasar kuning ini , aku sesuaikan dengan resep kebanyakan .  Kemarena sih pengennya gak nyetok bumbu kuning ini , tapi setelah baca-baca bumbu ini sering dipakai untuk masakan praktis .. ya udah nyetok deh .hihi kebetulan beli bawang merah banyak ..

Bumbu Dasar Kuning 

Source : Sajian Sedap

Kegunaan : Ayam goreng , pepes atau botok , Soto

Bumbu Dasar Kuning
bahan
30 butir bawang merah
10 siung bawang putih
10 butir kemiri sangrai ( aku pakai kemiri bubuk yang sudah disangrai 3sdm )
2ruas kunyit, bakar sebentar  ( karena aku gak suka kalo kunyit terlalu banyak )
2sdm ketumbar ( aku pakai 1sdm ketumbar bubuk )

Cara membuat :

1)Haluskan semua bumbu , masukkan bumbu halus ke dalam teflon , beri miyak goreng agak banyak , masak sampai bumbu harum dan matang , sambil diaduk beberapa kali , angkat dan dinginkan

2) masukkan dalam boto; kaca , sebaiknya botol kaca disterilkan dulu ya lalu ditiriskan sampai kering baru dipakai untuk menyimpan . Taroh kulkas


Bumbu Dasar Merah 

Nah untuk bumbu dasar merah , merah ini jika mau maskaan pedas tinggal dicampur aja dengan cabe keriting sebagian penggunaan cabe besarnya ya . Karena aku masak sekaligusuntuk anak-anak jadi aku hanya pakai cabe merah besar . Lalu di resep aslinya memakai terasi juga jika suka , tapi karena aku punya terasi bubuk , jadi bumbu ini gak aku pakaikan terasi , supaya bisa digunakan juga dimasakan yang tanpa terasi , jika makanan pakai terasi tinggal tabur terasi bubuk aja .. oke kaan . Tadi pagi sudah ak tes untuk bikin nasi goreng nanas , heeem mantaaap , masyaaAllah

Bumbu Dasar Merah 

Source : Sajian Sedap

Kegunaan : Balado , sambal goreng , nasi goreng jawa 

Bumbu Dasar Merah 
bahan 
30 butir bawang merah 
8 siung bawang putih 
10 buah cabe merah besar ( jika ukuran cabenya kecil pakai 2x lipatnya ya ), buang bijinya 
Terasi ( jika suka ) 

Cara membuat :

1)Haluskan semua bumbu , masukkan bumbu halus ke dalam teflon , beri miyak goreng agak banyak , masak sampai bumbu harum dan matang , sambil diaduk beberapa kali , angkat dan dinginkan

2) masukkan dalam boto; kaca , sebaiknya botol kaca disterilkan dulu ya lalu ditiriskan sampai kering baru dipakai untuk menyimpan . Taroh kulkas 


Perpaduan ketiga bumbu tersebut juga bisa untuk beberapa masakan loh , yuk simak 

source : Sajian Sedap 

- Campuran bumbu dasar putih dan kuning bisa menghasilkan ayam goreng, ayam bakar, kare, rawon

- Campuran bumbu dasar putih dan merah akan menghasilkan antara lain sambal goreng, ayam bakar, urap

-Campuran bumbu dasar kuning dan merah akan menghasilkan pepes, ayam bakar.

- Campuran ketiga bumbu bisa menghasilkan sayur godog, ayam bakar, pepes, sambal goreng.

- Campuran campuran tadi juga bisa ditambahkan santan, kecap manis, petis,   dan dedaunan pengharum,

Atau disesuaikan aja menurut resep bumbu ibu-ibu , jika ingin mix  ketiga bumbu dasar diatas 

Happy Cooking ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar