Kamis, 09 Juni 2016

Bubur Candil Pandan dan Bubur Sumsum

Salah satu menu buka kemaren adalah bubur candil dan bubur sumsum . Sepertinya sudah banyak yang tau ya resep kedua bubur ini. Kedua bubur ini biasa terdapat di bubur campur Madura , waktu kecil suka banget sama bubur ini . Tiap ibu atau mbah uti ku ke pasar aku selalu minta beliin . Tapi aku kurang suka sama sama bubur candil waktu itu , karena apa? Karena bubur candil pake gula merah , aku gak suka pakai gula merah hihi . Tapi saat sudah menikah kok aku jadi sesekali suka sama bubur candil . Tapi aku bikinnya  gak terlalu manis , aku biasa pakai 1/2 saja takaran gula merahnya hanya untuk memberi warna cokelat aja , buat syarat kata orang . sisanya aku pakai gula pasir

Karena yang suka bubur kaya gini aku aja sama si sulung jadi yang ngabisin ya kita . Bikinnya pun dikit aja . Ngabisin pasta pandn homemade keburu rusak .. Sebenanya aku kurang suka makanan yang pake gula merah , ntah kenapa dari kecil kalo makan yang pake gula merah kepala langsung keliyengn , gak parah sih kliyengannya , tapi tetep kalo bulan Ramadhan tu kangen sama bubur ini . Kalo bubur sumsum sih kesukaanku



Bubur Candil Pandan

Bahan 1

150gr tepung ketan putih
2sdm tepung beras
Sedikit garam
Air hangat

Bahan 2

50gr tepung ketan putih
1sdm tapioka
Gula merah sesuai selera
Gula putih sesuai selera
Air kira2 700ml
1lembar daun pandan

Cara membuat

1) campur tepung dan garam pd bahan 1 , di baskom sedang , lalu tui air hangat sedikit2 sampai bisa dipulung , lalu bentuk bulat2 sesuai selera aja besar kecilnya

2)cairkan tepung ketan dan tapioka dengan sebagian air , lalu panaskan sisa air lalu masukkan gula dan daun pandan masak sampai gula larut , masukkan bulatan2 candil tadi , tunggu hingga mengapung agak lama lalu masukkan larutan tepung ketan dan tapioka tadi aduk2 sampai kental ,dan meletup2..

 Bubur Sumsum

Source :NCC

Bahan

50gr tepung beras
500ml santan kental
1/2 sdt garam
1 lembar daun pandan

Cara Membuat

1) Larutkan tepung beras dengan sebagian santan .. lalu panaskan sisa santan dengn garan dan daun pandan ,aduk terus hingga mendidih ,lalu masukkan larutan tepung aduk sampai kental dan meletup2 , angkaat

Kuah santan

Santan rebus bersama sedikit garam dan daun pandan lalu kentalkan dengan larutan maizena masak hingga mendidih dan diaduk terus ya biar gak pecah


menu buka kemaren 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar