Minggu, 05 Juni 2016

Puding Lumut , yang lagi kekinian



Puding ini booming banget di Instagram . Sebenarnya , geli banget ya , karena aku dari kecil geli kalo liat jamur , dan lumut pokoknya yang sejenis alga gitu .. hihi . Tapi setelah menikah , aku sudah berkurang gelinya sama jamur , karena suamiku suka masakan jamur , jadi untuk beberapa jamur aku sudah gak geli lagi .

Nah kembali lagi ke lumut. Ntah kenapa pudingku kok gak misah ya .. Kalo aku liat aslinya tuh bagian kaca dan lumutnya misah , lah ini padahal aku didihkan agak lama kok malah begini ..ahahah kurang telur atau gima ini ..ahahah tapi alhamdulillah , aku jadi gak geli makannya , saat makan pun aku kasih saos cokelat .. ahaha . Dari pengamatn asal ku nih puding ini terbentuk dari adonan santan dan telur yang pecah , saat adonan agar-agar sudha mendididh lalu tidah diaduk . Kalo kita masak santan kan santan yang tidak diaduk akan pecah ya .. hihi , sok jadi ditektip . Kalo aku sih kurang cucok sama puding ini , bau pandan nya kuat banget jadi cenderung langu . Sampai kemaren tuh aku nyisihkan adonan yang baru mendidih , sebelum proses pembentukan lumut ..hahaha.. geli soalnya biar bisa ikutan makan



Dibawah ini adalah takaran  1/2 resep dari resep aslinya


Puding Lumut
bahan
1 bungkus agar-agar ( aku pakai jelly plain )
150gr gula pasir
200ml sari daun pandan
500ml air
130ml santan ( aku pakai santan kara yang dilarutkan dengan air sampai 130ml)
1 butir telur (aslinya untuk seresep pakai 3 butir telur )
sedikit garam ( aku kelupaan ngasih )

Cara Membuat :

1) Kocok telur dalam mangkok kecil menggunakan garpu , lalu masukkan semua bahan kedalam panci , lalu masukkan telur , aduk rata, lalu masak hingga mendidih , dan aduk terus ya

2) Setelah mendidih , kecilkan api biarkan mendidih sebentar , ( saat ini adalah pembentukan lumutnya )

3) uang dalam cetakan yang sebelumnya dibasahi air , lalu diamkan sampai set




Tidak ada komentar:

Posting Komentar