Selasa, 09 Februari 2016

Florentine Pie , si kecil yang bikin nagih

Liburan kemaren ke mana? aku mah gak kemana-mana, seperti liburan biasa ja. paling Gak liburan kemaren ditambah dengan kegiatan baking. Karena ada resep yang mau di coba, dari event bulanna #ykmk di Fb. Nah kebetulan sudah nemu cetakan pie yang mungil,jadi makin gatal tangan ini pengen eksekusi, suami lagi tidur pun dibangunin buat mita tolong beliin corn fleaks ,karena waktu di TBK kelupaan beli. 
Nah pie ini aku nyontek resep punya mbak Rika Heldina. Hanya ,beberapa bahan aku ganti dengan bahan lainnya. Untuk isiannya aku pakai kacang kenari bukan pakai kacang mente ,biar lebih ekonomis sih..hihi.. sama cherry merahnya aku juga gak pakai tapi kisminya saya tambahin lagi,karena stok kismis dirumah lagi banyak banget.takaran gulanya juga aku kurangi,karena  lagi bener-bener ngurangi konsumsi gula,dan untuk isian sebagian gulanya aku ganti dengan brown sugar,dan aku juga skip madu atau susu kental manisnya karena corn flakesnya sudah rasa madu.. alhamdulillah serumah pada suka,malah suami minta dibawain untuk ke kantor besok. makasi mbak Rika jadi punya alternatif cemilan pie baru nih.. aku copasin disini ya 



Florentine Pie
KULIT PIE
Bahan :
75 gram butter
50 gram margarin
75 gram gula halus (saya pakai 50gr)
1 butir telur
25 gram susu bubuk
275 gram tepung terigu (cap Segitiga Biru)
1/2 sdt vanilli bubuk
Cara membuatnya :
Kocok butter, margarin dan gula halus sampai lembut.
Masukkan telur, kocok rata.
Masukkan sisa bahan lain, aduk rata.
Siapkan cetakan pie mungil berbentuk cup, olesi dg sedikit margarine.
Cetak tipis adonan kulit pie pd cetakan. Setelah selesai semua, panggang 1/2 matang. Siap diisi.
BAHAN ISI :
100 gram butter
100 gram gula kastor ( aku pakai 40gr gula kastor dan 30gr brown sugar )
2 sdt susu kental manis (SKM) atau madu (aku gak pake karena corn flakes nya sudah rasa madu )
4 sdm tepung terigu
50 gram cornflakes, hancurkan
50 gram cherry merah, potong kecil2 ( aku ganti dengan kismis)
50 gram cherry hijau, potong kecil2
50 gram kismis
100 gram kacang mete cincang, panggang sebentar (aku ganti dengan kacang kenari)
Cara membuat isian :
Panaskan butter dan gula dalam pan masak sampai bubbling.
Masukkan semua buah dan kacang, aduk rata.
Angkat dari api, tambahkan susu kental manis atau madu, aduk rata.
Taburi dg terigu, aduk denga rata.
PENYELESAIAN :
Masukkan bahan isian ini ke dalam kulit pie, tekan pelan2 agar isian padat.
Masukkan ke dalam oven, panggang sampai matang (sampai kulit pie berwarna kuning kecoklatan).
Keluarkan dr oven, biarkan dingin. Keluarkan kukis ini dr cetakannya lalu simpan dalam toples kedap udara



Tidak ada komentar:

Posting Komentar