Senin, 01 Februari 2016

Lapis Ketan Sarikaya Pandan

Bosen bikin cake mulu,jadi beralih ke makanan tradisional. Nah kali ini pengen nyobain bikin ketan Sarikaya. Sebenarnya , aku sih kurang suka sama kue ini,karenaaa..yup terlalu manis buat aku. Kan secara kata bapaknya anak-anak aku sudah manis ..ahahah # ember mana ember  ^^. Dan seperti biasa nih nyaliku agak menciut kalo nyobain resep kue kukus,soalnya selidik punya selidik dandangku nih perlu di update , # nyalahin dandang, tp emang bener loh . Sapa tau kalo dibaca pak bos tiba-tiba dibeliin dandang ..ahaha. nah aku bikin ini pake resep punya mbak Hesti, bisa dilihat di sini ,cuma aku tambahin 1 sdm terigu untuk adonan sarikayanya maksudnya jaga-jaga biar gak kelembekan. karena kan mungkin unguran pas nyendok tepungnya gak sama jd aku lebihinnya aja,dan jadinya masih lembut kok .. meskipun hasilnya kurang rapi ..ahaha,tapi untuk rasa sudah mantap,shofy ampe pengen makanin terus padahal kalo umminya bikin cake gitu dia kurang antusias makannya



 Ketan sarikaya Pandan
bahan Ketan
250gr beras ketan,cuci
125ml air santan
1/2sdt garam

cara membuat :
# kukus beras ketan sampai setengah matang,
# masak santan dan garam sampai mendidih lalu masukkan beras ketan yang 1/2 matang tadi,lalu kukus kembali sampai matang

bahan Sarikaya
3sdm terigu
2butir telur
125 gr gula pasir (bagiku masih kemanisan,resep asli dari blog mbak hesti 150gr)
175 ml santan
1/2sdt garam
1/2sdt vanili bubuk
2 tetes pasta pandan

cara membuat
# kocok telur dan gula sampai gula larut,
lalu masukkan semua bahan aduk rata,dan saring

penyelesaian

# alasi loyang dengan daun pisang ,lalu masukkan ketan yang sudah matang tekan-tekan sampai benar-benar padat ya,lalu tuang adona sarikaya ,kukus selama 20-30 menit dengan api kecil ( jangan lupa panaskan kukusan dulu sebelum mengukus adona sarikayanya )


minumnya pake teh anget tawar,hemmm maknyuus..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar