Minggu, 21 Februari 2016

Ikan Tongkol Palumara

Alhamdulillah,hari minggu kemaren dapat rejeki tak terduga. Dikasih ikan tongkol atau apa ya gak kurang tau,tapi kayaknya sih tongkol .masih segar sama tetangga. Katanya pas ke senggigi ada nelayan yang baru datang dari melaut ,kan ikannya fresh banget ya.. Biasanya kalo ikan masih seger gt rasanya lebih gurih . Nah karena daging ikan tongkol itu kan agak kasar ya, jadi pengennya dimasakpake cara direbus aja ,biar lembut. Dan kepikiran juga dimasak pake bumbu yang agak buthek ,bahasa apa ini hihi.. bumbu yang keruh gitu biar baunya gak amis,mumpung ada sisa belimbing sayur ,eman-eman kan ya ampe busuk. Secara di sini belimbing sayur tu susah ditemui.

Karena stok bumbuku gak lengkap jadi aku skip batang serai dan daun salamnya . aku ganti sama daun jeruk untuk menyamarkan bau amisnya.. slruup enak banget pedes asem,




Ikan  Palu mara
bahan 
ikan tongkol atau yang lain,siangi,potong-potong lalu lumurindengan garam dan jeruk nipis ,diamkan 10-15menit ( aku gak pakai jeruk nipis karena lagi gak ada )
2batang daun bawang kecil,rajang 
2buah tomat iris tipis
4buah belimbing sayur ,iris tipis
daun jeruk sobek-sobek
batang serai ,ambil putihnya,geprek (aku gak pakai karena gak ada)
daun salam (aku gak pakai )
10buah cabai kecil
2sdm minyak goreng untuk menumis
air secukupnya
gula dan garam secukupnya

Bumbu Halus
5buah bawang merah
3siung bawang putih
3buah kemiri sangrai
2buah cabe merah besar
3buah cabe keriting
1ruang jari kunyit

Cara membuat
- panskan minyak di wajan,tumis bumbu halus sampai wangi ,masukkan daun jeruk,batang serai,daun salam, tumis sebentar aduk pelan sampai ikan terlumuri bumbu beri air, biarkan mendidih

-masukkan tomat,belimbing sayur ,cabe kecil gula dan garam .aduk pelan. cicipi ..jika sudah pas angkat taburi dengan daun bawang..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar