Sabtu, 20 Februari 2016

Lemon Jappanase Roll Cake

Memang gak kapok-kapok ya. Bikin kue satu ini. Karena kalo berhasil tu bikin seneng. Cuma ya itu pas gulungnya bikin hati berdebar-debar.. ahhaha.. bikin motif bunganya masih semrawut, karena tangan belum lemes nih.

Bikin kue yang tricky gini punya anak bayi yang jago ngemil,emang sesuatuh ya. Umminya gemeteran gulung si bolu mereka dah kejer minta motong kuenya .. aduuh jadilah retak dibagian sampingnya udah gitu dia penasaran lagi di penyek2 dah tuh bolu yang diselimutin biar padet mksdnya eh dia malah ikutan menyek2. Baking hari ini memang sungguh luar biasa 


Belom juga disimpen dikulkas ,yang gedhe pun sudah nanya mulu,mi mana kue bunganya.. hihi.. Cake ini sengaja aku gak bikin varian yang manis. Aq bkin rasa lemon biar seger ,ada asem-asemnya. Dan anak-anak lebih suka sama rasa buah-buahan dari pada rasa cokelat dan sejenisnya . Resep aslinya aku liat di blog " Catatan Nina'

  
Lemon Jappanase Roll Cake

bahan A
 4 kuning telur telur 
35 gr gula kastor 
40 ml minyak sayur kualitas baik
40 ml air (pakai susu cair)
 1 sdt vanilla 
70 gr tepung terigu serbaguna 
1sdt kulit lemon parut 

  Bahan B :
 1 putih telur
5 gr gula kastor
sejumput maizena 
5 gr tepung terigu

 Bahan C : 
150gr putih telur 25 gr gula kastor 
1 sdt maizena

Filling :
aku pakai selai lemon

Cara Membuat : 
- Siapkan loyang 22x22 cm atau 24x24cm (hasilnya tipis kaya punyaku). 

-Oles dasar loyang dengan margarin dan alasi kertas roti tanpa dioles lagi. Gambar motif sesuai selera.

 - Bahan A : kocok telur dan gula hingga mengembang dan berwarna putih. Masukkan minyak, air, vanilla dan tepung. Kocok terus hingga kental.

 - Bahan B : kocok putih telur hingga berbusa, tambahkan gula dan maizena, Kocok hingga soft peak.
 - Buat adonan motif dengan cara menambahkan 2 sdm adonan A ke dalam adonan B, aduk lipat hingga rata. Masukkan adonan motif ke dalam piping bag dan semprotkan ke atas loyang sesuai motif yang diinginkan. Panggang dalam oven 170'C selama 1 menit. Angkat.

 - Bahan C : Kocok putih telur dan air lemon hingga berbusa. Masukkan gula dan maizena. Kocok hingga soft peak.

 - Ambil sedikit adonan C, campurkan ke adonan A, aduk rata. Tambahkan sisa adonan B. Aduk balik hingga rata (jangan terlalu sering mengaduk ya). Tuang hati-hati ke dalam loyang.

 - Angkat loyang dan pukul-pukul dasar loyang dengan menggunakan spatula, untuk mengeluarkan udara dalam adonan. - Panggang dalam oven 170'C selama kurleb 20 menit. Angkat dan keluarkan dari loyang. 

- Kelupas kertas roti dengan hati-hati (bisa menggunakan bantuan spatula atau pisau tipis agar motif tetap cantik), dinginkan. 

- Balikkan kembali dan oles dengan filling sesuai selera. Gulung dan padatkan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar