Kamis, 19 Mei 2016

Pop Corn Homemade , rasa karamel

Sudah sejak lama , anakku Bakr minta dibikinkan popcorn sendirii . Karena dulu waktu dia TK ada praktek masak bikin pop corn . Katanya, " mi , beliin aku jagung dong , aku mau bikin pop corn kayak yang di sekolah ." nyari jagung pop corn ini susah gampang , kadang juga pas belanja sering lupa . Kalo di pasar juga belum tau ada apa enggak .

Dan akhirnya beberapa waktu lalu , belanja di mini market A yang menjamur itu , ada jagung pop corn yang masih mentah kemasan kecil . Aku coba beli sebungkus . Ketika kubuka , ooh ini tinggal masak aja , karena di dalam bungkus itu sudah ada margarin dan sudah berasa manis . Bikin itu jadi sepanci sedang , habis dalam sekejap . ahahha mereka bilang , " besok bikin lagi ya mi, beli jagungnya lagi ." Wah lebih baik kan beli jagung doang ya , nanti lain-lainnya isa nambah dan bikin sendiri sesuai bahan di rumah . Dan kepikiran bikin rasa karamel , wiih enak kayaknya ya . dicemil sore-sore sehabis mereka makan sore .


Nah bikinnya gampang kok , kan setidaknya dah pada tau ya bikin popcornya , jadi aku sharing saos karamelnya aja . Ini memang sengaja gak aku lumurin semua dengan saos karamel , karena takut terlalu manis . Ini dia resepnya 

Popcorn Salut Karamel 
bahan 
1cup jagung popcorn 
3sdm margarin ( kemaren aku campur dengan butter biar wangi ) , cairkan dulu 

saus karamel
3/4 cup palm suiker ( gula palm )
3/4 cup butter 
vanili bubuk 
garam 
sejumput soda kue 

cara membuat 

- Campur jagung popcorn dengan margarin cair ,aduk rata lalu panaskan di atas api , dengan wadah tertutup, saat terdengar letupan-letupan , goyang-goyangkan wadah , beberapa kali , masak sampai letupan berhenti , sisihkan 

- masak gula, garam dan butter dalam pan , aduk sampai mendidih teruskan mengaduk sampai gula lembut , masukkan vanili dan soda kue , aduk rata , angkat 

- Tuang dalam popcorn aduk dengan sendok kayu sampai rata 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar