Jumat, 27 Mei 2016

Roti Maryam , Cokelat dan keju



Roti Maryam adalah salah satu makanann kesukaan kami . Rasanya yang manis gurih ..heemmm enak banget , apalagi makanan ini bisa disimpan di frezer , nanti jika ingin memakannya tinggang dipanggang sebentar . Cuma yaa bikinnya itu membutuhkan tenaga extra , kalo yang ounya encok mending beli aja dah ..ahahha .. prosesnya yang panjang kadang membutuhkan waktu seharian , jika kita buat . Jadi jika ingin membuat makanan ini mending bikin sekalian banyak

Roti Maryam Cokelat 



Rori Maryam Keju Parsley

Biasanya aku beli aja nih ,buat anak-anak . Tapi ntah kemaren kena angin apa kok pengen bikin roti maryam . Biasa kalo beli diluar kan harus dikasih topping ya diatasnya karena rata-rata penjual , menyediakan rasa plain tapi ntar dikasih topping sesuai selera . Tapi kalo aku suka bikinnya yang kayak gini , sekalian diisikan di dalam rotinya , selain lebih praktis, sensasi makannya jadi beda karena ditiap helainya ada cokelat atau keju .. nyaaam .. Aisyah anak bungsuku yang biasa makan gak habis kalo beli , kemaren dikasih yang rasa keju doyan banget , alhamdulillah 

Permukaannya Crispy dan tiap lapisnya bercampur cokelat 


Yang keju diberi parsley kering , heemmm wangi 

Aku sih belum nyobain yang rasa keju parsley ya ,cuma ngamatin daro bocah - bocah aja makannya lahap bener, emaknya cuma nyicip baunya aja ..ahahah  Untuk resepnya dan tutorial cara menggulungnya aku cantumkan ya  nanti dibawah  

Roti Maryam 
bahan 
750gr terigu protein Tinggi / Sedang ( sediakan tepung lebih ya ) 
180ml minyak ( aku pakai minyak kelapa ) 
2kuning telur 
2 telur 
2sdm gula halus 
sedikit garam 
425ml susu cair hangat 
Margarin /butter untuk  mengoles 

isian 
meises atau cokelat batang /dcc 
keju ( aku pakai keju permesan bubuk dan keju cheddar ) dan parsley 

Cara membuat 
1) dalam baskom besar , campur susu cair hangat ,gula , garam , minyak , dan telur , kocok lepas sampai tercampur rata , lalu masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk ( aku pakai mixer) , sampai adonan kalis , kemaren sih aku cukup menghabiskan tepung 750 gr protein tinggi , Hasilnya akan lembut banget 

2) Lalu bagi adonan yang mini 50 gr , yang besar 70 gr , bulatkan lalu tata dalam loyang yang sebelumnya dioles minyak , setelah selesai membangi dan membulatkan olesi adonan dengan minyak juga , lalu tutup memakai plastik wrap , diamkan 1jam  (gambar no1 )

3) Setelah satu jam , ambil satu adonan , pipihkan memakai tangan , lalu olesi dengan margarin atau butter , yang agak banyakan ya , ini untuk mematangkan bagian dalam roti lalu beri meises atau Dcc yang diparut , atau bisa juga keju parut lalu tabur parsley kering ( suka-suka saja )  --(gambar no 2), 

lalu gulung dari arah diagonal ya , jangan yang arah sisinya , karena gulungan akan pendek ( gambar no2), lalu sisihkan dan lanjutkan memipihkan dengan adonan yang lain , supaya adonan yang digulung memanjang tadi jadi 
lebih elastis 

4) Nah setelah selesai menggulung memanjang , ambil adonan yang urutan pertama tadi kita gulung , tarik pelan-pelan , supaya lebih memnjang , lalu letakkkan di meja dan gulung dari 2 sisi berbeda (seperti gambar no 3), lalu temukan ditengah (gambar no 4) , dan  tumpuk ( gambar no 5), lakukan sampai selesai 

5) Tata dalam loyang lagi adonan yang ditumpuk tadi , lalu tutup dengan plastik warp (gambar no 6) , dalam tahap ini bis alangsung dipipihkan dan dipanggang .. Kemaren karena aku capek jadi aku tinggal bobok ciang dulu , heheh , jadinya adonan akan lebih elastis saat dipipihkan 


6) Oles teflon tipis-tipis dengan margarin ( waktu awal memanggang aja ) ,  lalu panggang roti maryam jika ingin disimpan difrezer panggang setengah matang aja ya , jangan sampai terlalu cokelat


2 komentar:

  1. Maaf saya mau tanya itu dpanggang d oven atau gmn ya? Soalnya saya ngga punya oven

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mbak baru baca notifnya . ini dipanggang pake teflon kok , dikompor :) . makasi yasudah mampir ^^

      Hapus