Selasa, 24 Mei 2016

Tahu Bakso Ikan Brokoli

Uji Coba teknik mengadon bakso-baksoan yang di share temanku , Mbak Eka Yani yang uhuks ,.. sholihah ... masyaaAllah .. ( biar seneng aja dia ) . Hasilnya emang sesuai dengan apa yang dia jelaskan , kenyal ... Harusnya sih katanya ngaduk daging yang dicampur garam pake tangan , tapi karena aku males tambah cafek , jadi daging giling yang sudah halus di chopper , aku tambahin garam lalu aku proses lagi sampai daging ikannya menggumpal , dan liat. Alhamdulillah jadi . Cuma kurang sip di tahunya nih , Tahunya agak keras Karena tahu Lombok ya jadi kalo digoreng kering tuh kalo dingin kulit tahunya jadi keras . Makanya sudah hampir 8 tahun aku di lombok , tapi aku tetep suka tahu jawa . Cuma di sini jarang ada yang jual .

Pas kebetulan waktu belanja beli brokoli , jadi aku campur aja ke adonan  baksonya biar pas makan kemasukkan sayur juga ya . Rencananya sih emang tahu bakso ini , untuk jajanan atau cemilan aja , karena aku bikinnya tepungnya dibanyakin . Kalo buat Lauk kan tepungnya lebih enak dikit aja ya .. paling gak perbandngan ikan dan tepung 2 : 1


Tahu Bakso Ikan Brokoli 
bahan 
tahu potong segi tiga lalu goreng sampai berkulit , buat lubang di sisi yang panjang 
200 gram daging ikan Tengiri, setengah beku 
200 gr tapioka ( lebih enak lagi tepungnya 100 atau 150 gr aja ya ) 
1 buah wortel ukuran kecil , iris kotak kecil-kecil sekali 
1 kuntum brokoli , ambil kuntumnya aja , potong kecil - kecil 
2 putih telur 
daun bawang kecil , iris halus daunnya aja 
2 kotak es batu 
2sdt garam , atau sesuai selera

Bumbu Halus
4 siung bawang putih 
1sdt merica butiran 
1sdm ebi bubuk 
2sdm bawang merah goreng 

Cara Membuat 
- Haluskan ikan dan es batu sampai benar-benar lembut, Tambahkan garam , aduk kencang sampai adonan  benar-benar liat dan menggumpal jadi satu , kalo memamaki whisk sih kata mbak yani , diangkat adonan menempel di whisk dan gak jatoh , 

- lalu masukkan putih telur dan bumbu , juga sayuran , aduk rata , Lalu menyusul tapioka aduk rata

- Panaskan kukusan 

- Isikan adonan baskso ke dalam tahu , lakukan sampai habis , lalu kukus selama 20-30 menit , angkat dan bisa digoreng langsung , atau di bekukan , tapi nunggu tahu benar-benar dingin ya 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar