Selasa, 16 Agustus 2016

Kokole , jajanan khas Banjar

Assalmu'alaikum teman-teman ..

Eksekusi lagi jajanan tradisional . Dari dulu penasan sama kue satu ini , tapi tiap kali belanja selalu lupa beli kapur sirihnya jadi gagal-gagal terus mau bikin . Kokole ini rasanya mirip bubur sumsum , cuma dia bisa dibentuk aja ya , dan rasanya juga gembur-gembur gitu , apaan ya bahasa indonesianya , dia gak lembut banget tapi ada teksturnya sedikit kenyal



Aku suka banget jenis jajanan berkuah santan dan gula merah . Aku liat resepnya dari cookpad nya mbak @hanhanny tapi kurang mulus mungkin karena aku pakai pasta pandan aja ,jd air pandannya aku ganti air biasa mungkin terlalu encer jadinya ..hehe.. tapi tadi aku tanyakan mbak hanny kata beliau sih gak ngaruh , next time kita coba lagi lah . Dan iya kendalanya tu di  nyari daun pandan susah banget soalnya ,pengen nanem aja jadinya hiks


KOKOLEH
source : @hanhanny

100 gr tepung beras

600 mlair pandan (aku pakai air biasa ,jangan ditiru 😂) 2 sdm air kapur sirih (harus pke klo mau kokolehnya sintal padat tpi ttap lembut)

300 ml santan kental Segar (klo pke santan kara pke 2 bungkus uk.65 ml,encerkan jd 300 ml)

Sedikit pewarna hijau (saya pke karena hijau daun pandan pas dikasih santan warnanya jd hijau pucat,jd sesuai selera ya,ngga merubah wangi dan rasanya kok 😊) --- aku pakai pasta pandan
Sejumput Garam

Kuah Gula Merah :
Bahan
200 gr gula merah (aku campur pakai gula palm yg bubuk itu)
500 mlair

1 lembar daun pandan (aku gak pakai)

SejumputGaram

Cara Membuat
1)Dalam Wadah masukan Tepung beras,garam,air pandan,air kapur,pewarna hijau,aduk mnggunkn wisk biar ngga bergerindil,lalu santan,aduk kmbli sampai trcmpur rata.

2) Pindahkan Kedalam Wajan ( utk memasak kokoleh disarankn pke wajan drpd panci,lbih mudah saat mngaduknya 😀

3)Hidupkan Api,masak dgn api kecil hingga adonan mnjadi kental sprti pasta,lalu mnjadi padat sintal,aduk terus hingga matang,ciri2nya adonan mnjdi licin dan mudah dibolakbalik,saat dibalik pke spatula adonan mnempel tak mudah jatuh,matikan api.

4)Masukan kedalam loyang,padatkan ratakan atasnya dgn spatula,dinginkn baru dipotong2 sesuai selera.

5)Masak semua bahan kuah gulamerah,didihkan matikn api. Dinginkan

6) Sajikan potongan kokoleh dgn kuah gula merah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar