Senin, 15 Agustus 2016

Zucchini Chocolate Muffin

Kalo untuk orang Indonesia mungkin terlihat aneh ya , karena zucchini kan nampaknya kayak timun , dan emang na lainnya timun Jepang . Tapi setelah jadi ini kue , bener-bener gak nyangka , wenak loh . tenaaan .  Muffinnya lembut dan gak padat kayak biasanya . Kalo muffin kan pada umumnya memang agak padat ya , karena dia setengah roti , setengah cake. Tapi yang ini lembut mirip cake tapi rasanya tetep muffin .

Nah aku dapat resepnya dari aplikasi Yummly , ada beberapa bahan yang memang aku ganti karena susah dan mahal harganya ..xixix tetep dong ya sehat no 1, irit no 2 . Bahan Yang aku ganti misalnya 1/2 cup pure apple  non sweet, aku ganti dengan sebutir telur , karena pernah baca pure apple biasa dibuat sebagai pengganti telur , kalo di resep ini mungkin diutamakan sebagai penambah rasa aja . Lalu whole wheat  aku ganti dengan tepung gluten free lainnya , aku pakai merk Ladang Lima , karena males bikin sendiri , kalo mau bikin sendiri tepung Gluten Free bisa lihat di halaman depan blogku ya atau search aja dikolom pencarian .




Karena cemilan kesukaan anak-anak pokoknya yang rasa cokelat .. kue apa aja kalo rasa cokelat mereka suka . Mungkin mereka ngikut 'biang' nya ..biangnya juga suka cokelat sih. Muffin ini rasanya endes banget,empuk menul2 dan gak seret loh .. kalo motret makanan pas liburan gini yang nungguin nambah sepasang mata lagi,sambil gangguin😒.katanya," itu muffinnya kalo bisa ngomong paling nanya,' kapan iki aku dipangan,ket mau dipotoin ae.' " hihi.. googling,ternyata zucchini ada yang menyebutkan jenis buah jg ,meskipun sering dimasak sebagai mana sayur2an . 
resepnya dibawah 





ZUCCHINI CHOCOLATE MUFFIN

bahan

3/4 cup terigu
3/4 cup gluten free flour ( bisa pake whole wheat atau gff lainnya ya atau kl susah pake aja tepung terigu protein sedang semua)
100gr gula ( aku pake gula pasir mix palm sugar )
1sdt peres aja baking soda
1buah zucchini ( kira2 1cup jika sudah diparut )
Sedikit garam
2 butir telur
4sdm cokelat bubuk
1/4 cup minyak
1/4 cup susu cair
1/2 sdt kayu manis
1/2 sdt vanili bubuk
Chocochip secukupnya

Cara membuat

1) siapkan cetakan muffin alasi dengan papercup . Panaskan oven 200derajat celcius

2) Campur semua bahan kering tepung,baking soda,cokelat bubuk ,vanili bubuk,garam ,ayak ke dalam baskom.sisihkan

3)dalam mangkok lain ,campur bahan cair,minyak sayur,susu cair,telur ,aduk rata

4) tuang bahan cair kedalam bahan kering ,aduk pake garpu atau whisk pelan aja ya ,biar muffin teksturnya gak keras .. sampai rata masukkan zucchini parut aduk rata lalu chocochip aduk rata

5) tuang dalam cetakan dengan gelas yang ada lancipnya itu sampai hampir penuh lalu beri atasnya chocochip

6)panggang 10menit dengan suhu 200derajat celcius lalu turunkan panas menjadi 170derajat celcius selama 5menit .. tes tusuk jika ada gumpalan sedikit adonan nempel di tusukan angkat saja ya asal gak encer atau kental bekasnya .. karena jika terlalu matang muffin akan seret

Happy Baking ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar