Minggu, 21 Agustus 2016

Nugget Tahu , Yummy loh

Baru pertama bikin Nugget tahu , dan diriku terkaget-kaget pas nyicipin pemirsah . Ternyata enyaaaak banget , sampe gak bisa berhenti ngemilin . Dari selesei bikin pengen ngemilin aja , kalo gak inget itu bakal lauk bekal bocah ..ahahha. Soalnya seperti yang kubilang mereka tuh gak suka tahu dalam bentuk aslinya , tahu goreng tanpa ada bumbu ? bahkan si Doyan Makan , anakku yang namanya Bakr tuh , gak mau juga .. Nah kalo diolah aneka macem atau dibumbui ditambahin apa gitu , semua jadi suka ..


Nah aku bikinnya malam nih, karena males rempong jadi aku pakai bumbu bubuk aja , bukan msg ya .. bumbunya tuh kayak bawang putih bubuk, merica bubuk , sama sedikit jahe bubuk ..garam dah giitu aja , kalo mau nambahin kaldu bubuk ya gak papa lah . Malah makin enyaaak ..xixiixi


Aku ambil resepnya dari blog  mbak Diah Didi ,cuma sedikit aku modif

Nugget Tahu Soun
bahan
800gr tahu putih  ( aku kemaren asal cemplung aja , beli tahu 5 ribu ), haluskan
1butir telur
50 gr daging ayam , cincang halus  ( kalo aku aku blender aja )
3/4 papan Soun ( kan biasa beli sebungkus dapat  2-3 papan ),rendam air panas , biarkan sampai lembek , potong kecil-kecil
parsley cincang ( skip jika tidak ada )
2 buah wortel ukuran kecil sekali , parut memakai parutan keju
3sdm oat meal halus

Bumbu
2sdm bawang putih bubuk
1/2 sdm merica bubuk
1 sdt jahe bubuk
garam

Lapisan
2 butir telur , kocok lepas
tepung terigu ( aku pake Gluten Free Flour Ladang Lima , hasilnya lebih krispy )
Bread Crumb

Cara membuat
1) panaskan kukusan , alasi tutupnya dengan serbet bersih . Olesi cetakan dengan minyak , biasa sih pake dialas plastik , tapi aku pake Pyrex aja cuma dioles minyak

2) remas remas tahu sampai hancur dan halus , masukkan daging ayam cincang dan oatmeal halus , lalu telur , aduk rata , masukkan wortel parsley, juga bumbu lainnya , aduk rata terakhir masukkan soun .. aduk rata dan tuang dalam pyrex

3) kukus selama 20 menit , jika disentuh bagian tengahnya membal ya , gak lembek lagi . Angkat tunggu sampai benar-benar dingin lalu potong-potong

4) ambil potongan nugget , gulingkan ke dalam terigu /gff lalu masukkan ke telur kocok dan balurkan ke bread crumb sambil sedikit ditekan biar bread crumb nempel , lakukan sampai habis . Lalu simpan beberapa saat di frezer biar bread crumb melekat dengan baik saat digoreng nanti

5) setelah nugget sudah terasa agak keras , bisa digoreng deh



Tidak ada komentar:

Posting Komentar