Selasa, 23 Agustus 2016

Brownies Kukus Santan ( Gluten Free)

Dulu banget pernah nyoba resep ini , liat di FB nya mbak Nani Saptina . tapi bantet , hihi karena ngocok telurnya kurang ngembang , jadi saat tepung masuk lalu dimixer , bleeees ..ambles..jadilah brownies beneran , soalnya bantat ..ahahah

nah karena hari ini bingung mau bikin cemilan apa buat bekal anak-anak sekolah besok terpilihlah brownies ini . Karena mereka tuh gak rela kalo umminya libur baking , jadi pas cemilan habis ya meringik lagi , minta kue..

Resep aslinya tepung memakai terigu ya , seperti pada umumnya . Cuma karena aku punya tepung Gluten free Flour , jadi aku manfaatin aja . Untuk segi tekstur empuk tapi lebih padat dari pada memakai terigu . kalo brownies kukus kan biasa spongy ya mirip bolu tapi lebih moist. Nah yang ini lembut tapi empuk kok cuma agak padet ja , dan legiiit gitu browniesnya . dan satu lagi aku skip emulfisernya .


Nah yang aku cantumkan dibawah ini hanya 1/2 resep dari resep awalnya ya

Brownies Kukus Santan ( gluten Free)

bahan
2 butir telur
75gr terigu (aku pakai Gluten Free Flour )
10gr cokelat bubuk
1/2 sdt emulfiser ( aku gak pakai )
75 gr gula pasir ( aku hanya pakai 50gr )
50gr dcc , cairkan
25ml susu kental manis
50ml santan kental instan ( campur santan dengan susu kental manis , aduk rata)

Cara Membuat

1) Siapkan pengukus , jika memakai pengukus biasa alasi tutupnya dengan kain bersih . lalu siapkan loyang brownies , olesi dengan margarin lalu alasi permukaannya dengan baking paper , lalu olesi margarin lagi

2) Dalam sebuah baskom , kocok telur dan gula hingga berbusa, masukkan emulfiser  (jika pakai ) , naikkan kecepatan mixer , kocok sampai telur mengembang kental berjejak

3) Lalu ayakkan tepung dan cokelat bubuk diatasnya berselang seling dengan campuran Susu kental manis dan santan , aduk dengan kecepatan rendah sampai rata , pelan-pelan ya dan jangan over mix

4) masukkan DCC , aduk balik dengan spatula sampai rata , lalu tuang dalam loyang , kukus dengan api kecil selama 20 menit , janga lupa tes tusuk

5) Jika sudah matang , angkat lalu dinginkan dan siap dihias .



Happy Baking ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar