Kamis, 21 Januari 2016

African Gateau

Mengobati rasa penasaran dari si cokelat pekat manis ini ' African Gateau',
Aku pake base cakenya dari brownies kukus Ny. Liem,tapi aku skip emulfisernya . Karena cake kukus lebih moist dari cake panggang jadi bisa menghemat telur. Aku pakai 1/3 resep dari resep aslinya mbak ayudiah 'momylicius. Seperti biasa ada acara improvisasi,jadi adonan cakenya aku kasih kopi hitam ,aku pake merk kapal api. makanya cakenya cenderung gelap ya..hihi..rasa cake ini enak banget,rasanya gak berat kayak cake [ake frosting krim gitu. aku bikinnya juga gak terlali manis,pas menurutku yang emang kurang suka manis. Tadinya mau aku kasih topping cokelat bubuk eh vlanya masih sisa agak banyak,ya udah tempelin aja lagi di atas cakenya . cake ini dinikmati pas masih suhu ruang enak,dinikmati dingin pun endes. asal nyimpan di dalam kulkas mesti ditaroh wadah tertutup




African Gateau
Bahan I
2 butir telur
80 gr gula pasir (aku emang bikin yang gak terlalu manis,jd bisa ditambah gula jika ingin rasa seperti aslinya )
1/2 sdt vanilla bubuk
1/4 sdt garam
Bahan II
60 gr terigu protein sedang
20 gr coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
1sdt kopi hitam pekat( aku tambah sendiri)
Bahan III
50 ml minyak goreng
35 gr butter
60 gr DCC
Vla:
1/4 kaleng susu kental manis tambahkan dengan sejumlah air, sampai mencapai 600ml
25 gr maizena
20 gr tepung terigu
1 kuning telur
1/2 sdt vanilla bubuk
1/8 sdt garam
2 sdm gula
1 sdm butter
Vla
Campur semua bahan, kemudian aduk hingga rata, lalu saring. Masak di atas kompor sampai mengental, permukaannya tampak licin dan matang, aduk-aduk supaya tidak bergerindil. Angkat, tambahkan butter, aduk-aduk, tuang langsung di atas kue.
Cake
Panaskan minyak, butter dan margarin hingga leleh, sisihkan.
Kocok bahan I sampai menjadi kental dan berjejak.
Masukan bahan II sedikit-sedikit sambil diayak dan diaduk rata, tuang bahan III, aduk lagi perlahan sapai rata.
Tuang adonan ke dalam loyang kemudian kukus selama kurang lebih 30 menit.Apabila sudah matang, keluarkan dari kukusan, lepaskan dari loyang, dinginkan dahulu baru dibelah menjadi 3 bagian.
Ambil satu lapis cake, beri isian, langsung ratakan. Tumpuk lagi dengan cake, lapisi dengan vla, ratakan. Terakhir, letak kan cake, kemudian taburi dengan keju parut **Tips agar vlanya bisa merekat dengan sempurna, sebaiknya disiram ketika masih panas. ketika kita sedang meratakan separuh vla, sebagian vla yang belum dipakai, tutup dengan cling wrap supaya permukaannya tidak mengeras





  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar